ORMATION OF OPTIMAL STOCK PORTFOLIO USING SINGLE INDEX MODEL CUT-OFF RATE METHODE, MARKOWITZ MODEL, AND CAPITAL ASSET PRICING MODEL IN 11 INDUSTRIAL SECTORS LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE 2016-2020”

  • Helena Disia Nadia Tarina
  • Roy Sembel
  • Juaniva Sidharta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan portofolio optimal menggunakan Single Index Model metode Cut-Off Rate, Markowitz Model, serta Capital Asset Pricing Model dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan return yang signifikan dari masing-masing model. Periode penelitian yang digunakan adalah 5 tahun yaitu dari tahun 2016-2020.Jenis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah data sekunder karena  serta jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengolahan data deskriptif. Data yang digunakan berupa closing price saham bulanan, IHSG, serta risk-free rate. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan asumsi klasik meliputi uji normalitas dan uji t.Kandidat portofoio optimal yang terseleksi menggunakan Single Index Model metode Cut-Off Rate terdiri dari 26 perusahaan dan berdasarkan uji hipotesis bahwa terdapat perbedaan return antara Single Index Model dengan Capital Pricing Model, tidak terdapat perbedaan return antara Markowitz Model dengan Capital Asset Pricing Model, dan terdapat perbedaan return antara Single Index Model dengan Markowitz Model. Saran penulis dari penelitian ini yaitu supaya investor dapat melakukan investasi pada saham-saham yang telah dibentuk berdasarkan Single Index Model. Hal ini dikarenakan kedua model tersebut memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Capital Asset Pricing Model dan Markowitz Model serta dapat mempertimbangan asset-aset mereka yang ingin diinvestasikan agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal dengan risiko yang seminimal mungkin.

Kata Kunci: Portofolio Optimal, Markowitz Model, Single Index Model, CAPM

Published
2021-10-27
How to Cite
Tarina, H. D. N., Sembel, R., & Sidharta, J. (2021). ORMATION OF OPTIMAL STOCK PORTFOLIO USING SINGLE INDEX MODEL CUT-OFF RATE METHODE, MARKOWITZ MODEL, AND CAPITAL ASSET PRICING MODEL IN 11 INDUSTRIAL SECTORS LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE 2016-2020”. Fundamental Management Journal, 6(2), 51 - 65. https://doi.org/10.33541/fjm.v6i2.3415