Realistic Mathematics Education: Suatu Langkah Mendidik Berpikir Matematis

  • Stevi Natalia

Abstract

ABSTRAK

Realistic mathematics education (RME) salah satu dari sekian banyak cara mengajar matematika yang mengangkat kehidupan sehari-hari sebagai titik awal dalam membangun konsep matematika. Tulisan ini didasarkan pada studi literatur dari berbagai tulisan ilmiah yang telah dipublikasikan melalui buku maupun jurnal ilmiah. RME ditemukan karena melihat banyaknya permasalahan matematika yang disebabkan karena peserta didik kurang memahami apa yang mereka pelajari dalam materi matematika. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat jauh dari kehidupan sehari- hari manusia dan hampir tidak memiliki manfaat untuk dipelajari. RME memiliki lima prinsip yang mampu mengembalikan kembali pemikiran yang salah mengenai belajar matematika dan melihat betapa pentingnya mempelajari matematika dalam aktivitas sehari- hari manusia. Lima prinsip dalam RME, yakni 1) Penggunaan konteks, 2) Penggunaan model untuk matematisasi progresif, 3) Pemanfaatan hasil konstruksi peserta didik, 4) Interaktivitas, 5) Keterkaitan.Pembelajaran matematika yang menggunakan RME mampu menolong siswa semakin memaknai kelas pembelajaran matematika di sekolah.

Kata kunci:Realistic mathematics education (RME), Matematisasi progresif, Kontstruksi, Interaktivitas, Keterkaitan.

 

ABSTRACT

Realistic mathematics education (RME) is one way from many mathematic instructions that made our daily live as a starting point to build mathematic concept. This article is based upon other literatures which published in a journals or books. RME was founded for the problem that experienced by student to understand mathematics. Recently, many students thought mathematics as abstract education which has no relation in their life and has no function. RME has five principles which able to turn over the wrong concept about mathematic and also to explain how important learn mathematic in our day life. These five principles are: 1) Contextual function 2) Model for progressive mathematic 3) Using the construction of students 4) Interactivity 5) Intertwinement. Mathematic instruction which using RME able to give more understanding about mathematic in the school.

Keywords: Realistic mathematics education (RME), progressive mathematic, construction, Interactivity, Intertwinement.

Published
2017-08-23
How to Cite
Natalia, S. (2017). Realistic Mathematics Education: Suatu Langkah Mendidik Berpikir Matematis. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(1), 81-96. https://doi.org/10.51212/jdp.v10i1.413
Section
Articles