PENGGUNAAN AUDIO-LINGUAL METHOD DALAM PELATIHAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI YAYASAN MAHABBATUL YATIM CIANGSANA KABUPATEN BOGOR

  • Imelda M. Simorangkir Universitas Indra Prasta
  • Yosi M. Passandaran Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Abstract

This activity aimed to help the children in learning about English by using audio lingual method. This activity was done by using audio lingual method to improve the English language skills of the children who live in Yayasan Yatim Piatu Mahabbatul Yatim, located in kampung Pabuaran Wetan, Ciangsana, Gunung Putri Bogor. This study is aimed for the students that still study in Elementry School. Their skill in English was poor because during this time they assumed that English language subject in the school was very difficult and scary.This activity through English language training, the writers try use audio lingua method to teach the children in the orphanage. In this study use film and song media. This methode was choosen by writers because there is no facility they get from their school. The result of this program showed that they are more anthusias to learn about English than before. They know that English is fun and easy. Something new that they never got before. So, after they learn English in this program, they can develop their skill in English, can help their English lesson at school, and have more confident to study English. Besides that by this study the writers can assess and measure the efficiency of audio lingua method in learning English.

Keywords: training, English, and the orphans

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam belajar bahasa Inggris dengan metode audio lingual.Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan bahasa Inggris dengan menggunakan metode audio lingual yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para anak-anak yang berada di Yayasan Yatim Piatu Mahabbatul Yatim yang berlokasi di kampung Pabuaran Wetan, Bogor.Penelitian ini ditujukan untuk anak-anak yang berada di tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD). Kemampuan berbahasa

 

Inggris mereka sangat rendah karena selama ini mereka menganggap bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Kegiatan pelatihan bahasa Inggris dengan menggunakan metode ALM (Audio Lingual Methode) ini untuk memberikan suasana dan cara yang berbeda dalam belajar bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini, penulis menggunakan media film dan lagu. Metode ini dipilih karena tidak adanya fasilitas untuk yang mereka dapatkan sebelumnya di sekolah mereka.Hasilnya menunjukkan bahwa mereka lebih antusias untuk belajar bahasa Inggris daripada sebelumnya.Sesuatu yang baru mereka dapatkan dalam belajar bahasa Inggris dari yang sebelumnya.Setelah mereka belajar bahasa Inggris melalui pelatihan ini, mereka mendapat pengetahuan dan kemampuan berbahasa Inggris mereka meningkat. Selain itu mereka lebih percaya diri untuk mengikuti pelajaran bahasa Inggris di sekolah,

Kata kunci: Pelatihan, bahasa Inggris, anak-anak panti asuhan.

Author Biography

Yosi M. Passandaran, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

This activity aimed to help the children in learning about English by using audio lingual method. This activity was done by using audio lingual method to improve the English language skills of the children who live in Yayasan Yatim Piatu Mahabbatul Yatim, located in kampung Pabuaran Wetan, Ciangsana, Gunung Putri Bogor. This study is aimed for the students that still study in Elementry School. Their skill in English was poor because during this time they assumed that English language subject in the school was very difficult and scary.This activity through English language training, the writers try use audio lingua method to teach the children in the orphanage. In this study use film and song media. This methode was choosen by writers because there is no facility they get from their school. The result of this program showed that they are more anthusias to learn about English than before. They know that English is fun and easy. Something new that they never got before. So, after they learn English in this program, they can develop their skill in English, can help their English lesson at school, and have more confident to study English. Besides that by this study the writers can assess and measure the efficiency of audio lingua method in learning English.

Keywords: training, English, and the orphans

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam belajar bahasa Inggris dengan metode audio lingual.Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan bahasa Inggris dengan menggunakan metode audio lingual yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para anak-anak yang berada di Yayasan Yatim Piatu Mahabbatul Yatim yang berlokasi di kampung Pabuaran Wetan, Bogor.Penelitian ini ditujukan untuk anak-anak yang berada di tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD). Kemampuan berbahasa

 

Inggris mereka sangat rendah karena selama ini mereka menganggap bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Kegiatan pelatihan bahasa Inggris dengan menggunakan metode ALM (Audio Lingual Methode) ini untuk memberikan suasana dan cara yang berbeda dalam belajar bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini, penulis menggunakan media film dan lagu. Metode ini dipilih karena tidak adanya fasilitas untuk yang mereka dapatkan sebelumnya di sekolah mereka.Hasilnya menunjukkan bahwa mereka lebih antusias untuk belajar bahasa Inggris daripada sebelumnya.Sesuatu yang baru mereka dapatkan dalam belajar bahasa Inggris dari yang sebelumnya.Setelah mereka belajar bahasa Inggris melalui pelatihan ini, mereka mendapat pengetahuan dan kemampuan berbahasa Inggris mereka meningkat. Selain itu mereka lebih percaya diri untuk mengikuti pelajaran bahasa Inggris di sekolah,

Kata kunci: Pelatihan, bahasa Inggris, anak-anak panti asuhan.

Published
2017-08-23
How to Cite
Simorangkir, I. M., & Passandaran, Y. M. (2017). PENGGUNAAN AUDIO-LINGUAL METHOD DALAM PELATIHAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI YAYASAN MAHABBATUL YATIM CIANGSANA KABUPATEN BOGOR. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(1), 48-60. https://doi.org/10.51212/jdp.v10i1.411
Section
Articles