PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRAL TAK TENTU BERBASIS MODEL SMALL GROUP DISCUSSION DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UKI TAHUN 2016/2017

  • Jitu Halomoan Lumbantoruan Universitas Kristen Indonesia

Abstract

ABSTRACT

This study aims to: (1) Develop instructional materials indefinite integral calculus which include small group discussion learning models as teaching materials in teaching and learning in the classroom; (2) Testing the feasibility and effectiveness of teaching materials integral calculus developed; (3) Test whether there is a good improvement in the learning process with the help of teaching materials and see what there is a difference between a class using teaching materials with a class that does not use ingredients teaching. The method used in this research is the development. The increase in scores of pre-test and post-test through a test N-Gain in the third semester the field tests obtained a value of 0.63 with the interpretation Medium. While the N-Gain for classes that use very high 0.7 teaching materials or research say completely 100% and the class that does not use teaching materials or finished lower 0.3 and 16.60%.

 

Keywords: Development Integral Calculus, Calculus

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan bahan ajar kalkulus integral tak tentu yang dilengkapi model pembelajaran small group discussion sebagai bahan ajar dalam proses belajar mengajar di dalam kelas; 2) Menguji Kelayakan dan keefektifan bahan ajar kalkulus integral yang dikembangkan; 3) Menguji apakah ada peningkatan hasil belajar yang baik di dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan bantuan bahan ajar serta melihat apa ada perbedaan antara kelas yang menggunakan bahan ajar dengan kelas yang tidak menggunakan bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Peningkatan skor pre-tes dan pos-tes melalui uji N-Gain pada uji lapangan semester III diperoleh nilai sebesar 0,63 dengan interpretasi Sedang. Sedangkan N-Gain untuk kelas yang mengunakan bahan ajar 0,7 sangat tinggi atau penelitian ini mengatakan tuntas 100% dan kelas yang tidak menggunakan bahan ajar 0,3 rendah atau yang tuntas haya 16,60%.

 

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar Integral, Kalkulus

Published
2018-01-26
How to Cite
Lumbantoruan, J. H. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRAL TAK TENTU BERBASIS MODEL SMALL GROUP DISCUSSION DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UKI TAHUN 2016/2017. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(2), 99-118. https://doi.org/10.51212/jdp.v10i2.610
Section
Articles