PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN 3: STUDI KASUS KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG DIDEMONSTRASIKAN MAHASISWA GURU DI SEKOLAH SWASTA KRISTEN SOLO

  • Meri Fuji Siahaan PGSD FIP, Universitas Pelita Harapan

Abstract

Abstract


Internship program which is the the third practicum experienced by student teachers at education faculty of Pelita Harapan university expects the student teachers to demonstrate teaching strategies that engaging students actively in learning. The purpose of this paper was to identify instructional activities implemented by the student teachers in presentatation and participation phases of learning. It also explored teacher mentors’s perspectives toward the student teachers’ learning strategies. Qualitative case study was employed with 6 student teachers who had internship in a Christian private school in Solo as participants of this study. Methods collecting data were teaching observations of the student teachers, interviewing the teacher mentors and researcher’s field note. The data showed that the student teachers demonstrating direct instruction activity in the presentation phase and collaborative activities in the participation phase. The data analysis also showed that the teacher mentors have their own perspectives about collaborative larning activities demonstrated by the student teachers.


 


Key words: direct instruction, collaborative learning, the teacher mentors’ perspectives


 


Abstrak


Program Internship yang merupakan program pengalaman lapangan tiga bagi mahasiswa Fakultas Pendidikan Teachers College Universitas Pelita Harapan mengekspektasikan mahasiswanya untuk mendesmonstrasikan strategi-strategi mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi kegiatan-kegiatan pembelajaran yang diimplementasikan oleh mahasiswa guru pada fase belajar presentasi dan partisipasi.Penelitian ini juga mengeksplorasi perspektif guru mentor terhadap strategi-strategi pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa guru tersebut.Penelitian ini menggunakan kualitatif studi kasus dengan 6 mahasiswa guru yang melakukan program internship pada salah satu sekolah Kristen di Solo sebagai partisipan pada penelitian ini.Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi mengajar mahasiswa guru, interviu guru mentor dan catatan lapangan peneliti.Hasil analisis data menunjukkan bahwa mahasiswa guru menggunakan kegiatan pengajaran langsung pada fase presentasi dan kegiatan pembelajaran kolaboratif pada fase partisipasi. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa guru mentor memiliki perspektif mereka sendiri tentang kegiatan pembelajaran kolaboratif yang didemonstrasikan oleh mahasiswa guru.


 


Kata kunci: pengajaran langsung, pembelajaran kolaboratif, perspektif guru mentor

Published
Aug 23, 2017
How to Cite
SIAHAAN, Meri Fuji. PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN 3: STUDI KASUS KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG DIDEMONSTRASIKAN MAHASISWA GURU DI SEKOLAH SWASTA KRISTEN SOLO. Jurnal Dinamika Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 17-33, aug. 2017. ISSN 1410-4695. Available at: <http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/409>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles