PENGARUH KUALITAS PENYUSUNAN KTSP, SIKAP MASYARAKAT, DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA KELULUSAN SISWA, TERHADAP IMPLEMENTASI KTSP JENJANG SMP DI JAKARTA

  • Risma Uly Manalu Universitas Kristen Indonesia

Abstract

ABSTRACT
The purpose of this study to determine 1) the impact on the quality of the curriculum
implementation process of the preparation of the curriculum; Public confidence in the
students' graduation; and 2) the effect of the preparation process quality on the
Implementation of SBC SBC. 3) the influence of public attitudes on the graduation of
the students on the Implementation of the SBC and 4) the effect of public confidence in
the students' graduation on the Implementation of the SBC. The research was conducted
in the first semester of the year 2014/2015. Respondents consisted of 54 junior high
school teachers from several schools in Jakarta. Technique data collecting instrument
comprising 30 questions using a questionnaire to measure three independent variables,
and a questionnaire to measure the dependent variable. Data processing is a descriptive
study and hypothesis testing using multiple regression analysis techniques. The results of
multiple regression analysis showed that statistically (a) significant difference Quality
Process SBC, Public Attitudes toward Graduation UN, and Faith Communities to
Graduation UN students, together, towards the implementation of SBC (F = 6.781; Sig.
= 0.001); (B) there is a significant influence on the Quality Process Implementation SBC
SBC (t = -2188; Sig. = 0.033).
Keywords: Preparation of SBC, Attitudes, Beliefs society, UN.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh Implementasi KTSP terhadap
kualitas proses penyusunan KTSP; Kepercayaan masyarakat pada kelulusan siswa; dan
2) pengaruh Kualitas proses penyusunan KTSP terhadap Implementasi KTSP. 3)
pengaruh sikap masyarakat pada kelulusan siswa terhadap Implementasi KTSP dan 4)
pengaruh kepercayaan masyarakat pada kelulusan siswa terhadap Implementasi KTSP.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2014/2015. Responden terdiri
dari 54 guru SMP dari beberapa sekolah di Jakarta. Teknik pengumpulan data
instrument yang terdiri 30 soal menggunakan tiga angket untuk mengukur variable
bebas, dan satu angket untuk mengukur variable terikat. Pengolahan data penelitian
dilakukan secara deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi
ganda. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa secara statistik (a) terdapat
pengaruh yang signifikan Kualitas Proses Penyusunan KTSP, Sikap Masyarakat
terhadap Kelulusan UN, dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Kelulusan UN siswa,
secara bersama-sama, terhadap Implementasi KTSP (F=6,781; Sig.=0,001); (b)
terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Proses Penyusunan KTSP terhadap
Implementasi KTSP (t=-2.188; Sig.= 0.033).
Kata kunci: Penyusunan KTSP, Sikap masyarakat, Kepercayaan masyarakat, UN.

Published
2017-03-17
How to Cite
Manalu, R. U. (2017). PENGARUH KUALITAS PENYUSUNAN KTSP, SIKAP MASYARAKAT, DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA KELULUSAN SISWA, TERHADAP IMPLEMENTASI KTSP JENJANG SMP DI JAKARTA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(3), 176 - 186. https://doi.org/10.51212/jdp.v9i3.350
Section
Articles