PERAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA GERAK BAGI PELAJAR DAN MAHASISWA

  • Samuel Gideon Universitas Kristen Indonesia

Abstract

ABSTRACT
This research discusess the physics of motion particulally contained in the mobile game
Ultraflow so this game could be an alternative media that can help teachers to explain
physics of motion to students in an interesting way and not boring. This research study
physics focused on physics of motion which are contained in part 1, 2, 3 and 6 of the
game and only one level that that had been chosen as representation of these parts.
Level 7 had been selected as the representation of part 1, level 13 had been selected
as the representation of part 2, level 24 had been selected as the representation of part
3 and level 40 had been selected as the representation of part 6. Eventually, these
chosen levels had been analyzed by evaluating the physics of motion contained in
therein.
Keywords: game, physics of motion, Ultraflow
ABSTRAK
Penelitian ini membahas materi fisika gerak secara khusus yang terkandung di dalam
mobile game Ultraflow sehingga game ini dapat menjadi alternatif media
pembelajaran yang dapat membantu pendidik untuk menjelaskan materi fisika gerak
kepada peserta didik dengan cara yang menarik dan tidak membosankan. Pada
penelitian ini kajian yang fisika akan dilakukan hanya difokuskan pada bagian 1, 2, 3
dan 6 dan hanya memilih salah satu level yang dapat dianggap mewakili keempat
bagian tersebut. Untuk bagian 1 dipilih level 7, untuk bagian 2 dipilih level 13, untuk
bagian 3 dipilih level 24 dan untuk bagian 6 dipilih level 40. Kemudian, selanjutnya
tiap-tiap level yang telah dipilih tersebut dianalisis dengan melakukan kajian-kajian
fisika gerak yang terkandung di dalamnya.
Kata kunci: game, fisika gerak, Ultraflow

Published
2017-03-17
How to Cite
Gideon, S. (2017). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA GERAK BAGI PELAJAR DAN MAHASISWA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(3), 163 - 175. https://doi.org/10.51212/jdp.v9i3.349
Section
Articles