ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DAN SKALA PENILAIAN DI PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UKI ANGKATAN 2018 DAN 2019

  • Desi Sianipar Universitas Kristen Indonesia
  • A Dan Kia Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Motivasi berprestasi dan skala penilaian mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Semakin tinggi motivasi berprestasi seseorang, maka semakin tinggi prestasi akademiknya, dan semakin tepat skala penilaian ditetapkan dan digunakan untuk mengukur prestasi akademik mahasiswa, semakin tinggi motivasi berprestasi mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi berprestasi mahasiswa dan skala penilaian yang digunakan oleh program studi MPAK UKI angkatan 2018 dan 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed method) atau kombinasi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan kualitatif deskriptif. Hasilnya adalah motivasi berprestasi mahasiswa di Program Studi MPAK UKI angkatan 2018 dan 2019 adalah sangat tinggi, yang dipengaruhi oleh cita-cita, iman pada Tuhan, kesadaran diri, dukungan lingkungan, fasilitas belajar, dan profesionalisme dosen. Dengan mengetahui hal ini, Prodi dapat terus meningkatkan layanan akademis dengan berfokus pada pencapaian pembelajaran sesuai dengan profil yang ditetapkan. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap skala penilaian yang digunakan Prodi MPAK UKI adalah sangat tinggi. Hal ini sangat penting diketahui agar motivasi berprestasi dan prestasi akademik mahasiswa dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: analisis; motivasi berprestasi; skala penilaian

Published
2021-05-01
How to Cite
Sianipar, D., & Kia, A. D. (2021). ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DAN SKALA PENILAIAN DI PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UKI ANGKATAN 2018 DAN 2019. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 39-58. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2500
Section
Articles