REVOLUSI PENDIDIKAN KRISTEN DI ERA INDUSTRI 4.0

  • Dirk R. Kolibu Universitas Kristen Indonesia
  • Stenly R. Paparang Sekolah Tinggi Teologi Moriah

Abstract

Revolusi Industri 4.0 telah memberikan pengaruh besar dalam kehidupan manusia tak terkecuali system Pendidikan Kristen. Pendidikan Kristen perlu melihat peluang untuk turut serta dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia. Kontribusi Pendidikan Kristen tentu sangatlah dibutuhkan bagi penerapan pendidikan yang memperhatikan kualitas internal dan eksterna. Artikel ini menekankan pada empat capability yang dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0 seperti yang diungkapkan Philia Wibowo, yaitu: kemampuan yang terkait dengan spesialisasi, kapabilitas untuk mengatur pemangku kepentingan (managing stakeholder), kapabilitas untuk mengembangkan orang (membimbing), dan kapabilitas untuk memecahkan masalah (problem solving), yang dikorelasikan dengan Pendidikan Kristen, sehingga pada substansi dan empirikalnya, Pendidikan Kristen pada semua tingkat pendidikan dapat mengadopsinya dan menambahkan beberapa poin kompetensi untuk melakukan tindakan revolusi. Metodologi yang digunakan adalah studi literatur.

Published
2020-07-17
How to Cite
Dirk R. Kolibu, & Stenly R. Paparang. (2020). REVOLUSI PENDIDIKAN KRISTEN DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 108-119. https://doi.org/10.51212/jdp.v13i2.1720
Section
Articles