IMPLEMENTASI TUGAS GURU PAK SEBAGAI GEMBALA DALAM MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA SMK GKPI 2 Pematangsiantar

IMPLEMENTASI TUGAS GURU PAK SEBAGAI GEMBALA DALAM MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA SMK GKPI 2 Pematangsiantar

  • Bangun Munte Reviewer Team

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejuahmana Implementasi Tugas Guru PAK sebagai Gembala dalam meningkatkan Nilai Moral siswa SMK GKPI 2 Pematangsiantar. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah korelasi product moment pearson dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk Variabel X (Implementasi Tugas Guru PAK sebagai Gembala) dan Variabel Y (Nilai Moral siswa).

Untuk mengetahui sejauhmana Implementasi Tugas Guru PAK sebagai Gembala dalam meningkatkan Nilai Moral siswa, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,46 dengan uji determinasi sebesar 21,16% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata  = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika thitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 1 – 0,05 dengan dk = n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh thitung >  ttabel (  4,11> 1,67), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan Berpengaruh yang berarti antara Implementasi Tugas Guru PAK sebagai Gembala dalam meningkatkan Nilai Moral Siswa SMK GKPI 2 Pematangsiantar.

Keywords : tugas guru PAK, gembala, nilai moral siswa

Published
2020-04-24
How to Cite
Munte, B. (2020). IMPLEMENTASI TUGAS GURU PAK SEBAGAI GEMBALA DALAM MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA SMK GKPI 2 Pematangsiantar: IMPLEMENTASI TUGAS GURU PAK SEBAGAI GEMBALA DALAM MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA SMK GKPI 2 Pematangsiantar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(1), 19-38. https://doi.org/10.51212/jdp.v13i1.1531
Section
Articles