PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN CHARACTER BUILDING DAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (STUDI KASUS SEKOLAH DI KABUPATEN NIAS SELATAN)
Abstract
Peningkatan profesionalitas guru di era revolusi industri 4.0 melalui character building dan higher order thinking skills (HOTS). Metode yang dilakukan dengan metode survey dan studi literatur peraturan perundangan, buku, dan artikel yang dipublikasi pada prosiding dan jurnal nasional dan internasional. Sumber daya manusia yang bermutu merupakan faktor penting dalam pembangunan di era revolusi industri 4.0. Kehadiran teknologi yang makin canggih tak terbantahkan, kemunculan smartphone, internet yang kemudian menciptakan kecerdasan buatan dan dampaknya ke segala bidang, termasuk pendidikan. Sekolah menjadi salah satu tempat untuk mendidik dan memotivasi siswa agar menjadi generasi penerus yang kuat memiliki pengetahuan dan berkarakter. Karena itu diperlukan guru yang profesional memenuhi kualifikasi akademik minimal D4 atau Sarjana, kompeten dan menjadi role model. Profesionalitas guru harus ditingkatkan secara terencana dan berkelanjutan dengan meningkatkan kompetensi, mengembangkan karakter dan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta).
- View 1080 times Download 1080 times Download PDF
Copyright (c) 2020 Hotmaulina Sihotang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.