PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (MPKTGI) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PADA TOPIK TITRASI ASAM-BASA
Abstract
ABSTRACT
Learning carried out in groups can students only rely on members in their groups. This condition causes a lack of communication ability of students. This study aims to obtain about MPKTGI effectiveness students' communication ability on acid-base titration. The research method used was quasi experiment with pretest-posttest control group design. The research subjects consisted of 31 students in experimental class and 35 students in control class. The results showed that all MPKTGI stages were carried out according to the stages of this learning model. The communication ability of students in experimental class is greater than students in control class, indicated by t-test that at the 0.05 significance level there are significant differences in students' communication ability on acid-base titration through the application of MPKTGI. In addition, the increase in communication ability of experimental class students was higher than control class and students gave a positive response to this learning model.
Keywords: Acid-base titration, MPKTGI, The communication ability of students.
ABSTRAk
Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dapat menimbulkan siswa hanya mengandalkan anggota dalam kelompoknya, sehingga tidak seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam pembelajaran. Kondisi inilah yang menyebabkan kurangnya kemampuan berkomunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektifitas MPKTGI terhadap kemampuan berkomunikasi siswa pada topik titrasi asam-basa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas XI di kelas eksperimen dan 35 siswa di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh tahapan MPKTGI terlaksana sesuai dengan tahapan model pembelajaran. Kemampuan berkomunikasi siswa di kelas eksperimen lebih besar daripada kemampuan siswa di kelas kontrol, ditunjukkan dengan hasil uji statistika (uji-t) bahwa pada taraf signifikansi 0,05 terdapat perbedaan kemampuan berkomunikasi siswa yang signifikan pada topik titrasi asam-basa melalui penerapan MPKTGI. Selain itu, peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran ini.
Kata Kunci: Titrasi Asam-Basa, MPKTGI, Kemampuan Berkomunikasi Siswa.
- View 448 times Download 448 times PDF