IMPLEMENTASI WEBINAR TERHADAP SIKAP SADAR KEAMANAN KIMIA MAHASISWA

  • Nelius Harefa Universitas Kristen Indonesia
  • Sumiyati Gultom Universitas Kristen Indonesia
  • Leony Sanga Lamsari Purba Universitas Kristen Indonesia

Abstract

ABSTRACT


Chemical security is one of the important indicators in the chemistry learning
process. It is important for students to explore their knowledge of the conscious
attitude of chemical security. Insecure attitudes will cause problems for these
students, others, and the environment. Many sources can be used to foster a
conscious attitude to chemical security, one of which is by participating in a
website-based seminar (webinar). Knowledge formed at the webinar is a
reference for respondents in choosing the option of choice in the statement
provided. Data collection is done by giving questionnaires to respondents. The
questionnaire contained nine statements related to chemical security awareness.
Each statement is given five choice options with reference to the Likert scale
system. Based on respondents' data, it was seen that 42.7% of respondents
chose the basic knowledge option in the chemical security statement, 28.1%
chose the option above basic knowledge, 26.9% chose the intermediate
knowledge option, and the other 2.3% chose the advanced knowledge option.
While the expert knowledge option which is the highest value option is not
chosen by the respondent. From these data, it shows that the respondent's
chemical security attitude is classified as low.


Keywords: Chemical Security, Webinar


ABSTRAK


Keamanan kimia merupakan salah satu indikator penting dalam proses
pembelajaran kimia. Penting bagi pebelajar untuk menggali pengetahuannya
terhadap sikap sadar keamanan kimia. Sikap yang tidak aman akan
menyebabkan masalah bagi pebelajar tersebut, orang lain, dan lingkungan.
Banyak sumber yang dapat digunakan untuk menumbuhkan sikap sadar
keamanan kimia, salah satunya dengan berpartisipasi pada acara seminar
berbasis website (webinar). Pengetahuan yang terbentuk pada acara webinar
menjadi acuan responden dalam memilih opsi pilihan pada pernyataan yang
telah disediakan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket pada
responden. Angket tersebut memuat sembilan pernyataan terkait sikap sadar
keamanan kimia. Masing-masing pernyataan diberi lima opsi pilihan dengan
mengacu pada sistem skala Likert. Berdasarkan data responden terlihat bahwa
42,7% responden memilih opsi pengetahuan dasar pada pernyataan keamanan
kimia, 28,1% memilih opsi diatas pengetahuan dasar, 26,9% memilih opsi
pengetahuan menengah, dan 2,3% lainnya memilih opsi pengetahuan mahir.
Sedangkan opsi pengetahuan ahli yang merupakan opsi dengan nilai tertinggi
tidak dipilih oleh responden. Dari data tersebut, menunjukkan bahwa sikap
keamanan kimia responden tergolong rendah.


Kata Kunci: Keamanan Kimia, Webinar

Published
2019-07-01
How to Cite
Harefa, N., Gultom, S., & Purba, L. S. L. (2019). IMPLEMENTASI WEBINAR TERHADAP SIKAP SADAR KEAMANAN KIMIA MAHASISWA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 17-28. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1027
Section
Articles