EFEKTIVITAS KESIAPAN GURU, INFRASTRUKTUR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEBERHASILAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMP KRISTEN KANAAN TANGERANG

  • Rinto Rain Barry Business School, Pelita Harapan University

Abstract

ABSTRACT


The study looked at how to apply Teacher Readiness, Infrastructure, and
Student Learning Motivation to the application of the 2013 Curriculum (Kurtilas)
and the continued application of the 2013 Curriculum at the Canaan Christian
Middle School in Tangerang as a case study. The research method used is
quantitative research. Population of 8th and 9th grade students of Canaan
Christian Middle School Tangerang. Payment sample of 60 students. Data
collection is done by following a questionnaire conducted directly by the
respondent. Furthermore, it was analyzed using the IBM SPSS Statistics 20.
Program. The results showed that there were benefits from Teacher Readiness,
Infrastructure, and Student Motivation in Canaan Christian Middle School in
Tangerang, both partially and jointly on the Successful Implementation of the
2013 Curriculum. 2013 can be achieved by the readiness of teachers in terms of
professional, pedagogical, personality, and social competence; Schools that
have good and decent infrastructure or can be given proper ones; and students
have good and high learning motivation. Matters that need attention from all
stakeholders of Education, and further research on this must be added to
education in Indonesia in general.


Keywords: Curriculum 2013, Infrastructure, Student Learning Motivation, and
Teacher Readiness


ABSTRAK


Penelitian melihat bagaimana efektivitas Kesiapan Guru, Infrastruktur, dan
Motivasi Belajar Siswa terhadap penerapan Kurikulum 2013 (kurtilas) dan
keberlangsungan penerapan Kurikulum 2013 di SMP Kristen Kanaan Tangerang
sebagai studi kasus. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif.
Populasi meliputi siswa kelas 8 dan 9 SMP Kristen Kanaan Tangerang. Sampel
berjumlah 60 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner secara langsung kepada sampel responden selanjutnya dianalisis
menggunakan Program IBM SPSS Statistics 20. Hasil penelitian menunjukkan
ada efektivitas dari Kesiapan Guru, Infrastruktur, dan Motivasi Balajar Siswa di
SMP Kristen Kanaan Tangerang, baik secara parsial maupun secara bersamasama
terhadap Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013. Kesimpulan yang
didapat terhadap Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 setidaknya dapat
dicapai dengan adanya kesiapan guru-guru dalam hal kompetensi profesional,
pedagogik, kepribadian, dan hubungan sosial; Sekolah seharusnya memiliki
infrastruktur yang baik dan memadai atau boleh dikatakan layak; serta siswa
sendiri memiliki motivasi belajar yang baik dan tinggi. Hal-hal ini perlu mendapat
perhatian dari seluruh stakeholder Pendidikan, dan setidaknya penelitian ini
menjadi masukan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia pada umumnya.


Kata Kunci: Kurikulum 2013, Infrastruktur, Motivasi Belajar Siswa, dan Kesiapan
Guru

Published
2019-07-01
How to Cite
Barry, R. R. (2019). EFEKTIVITAS KESIAPAN GURU, INFRASTRUKTUR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEBERHASILAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMP KRISTEN KANAAN TANGERANG. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 1-15. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1026
Section
Articles