The Correlation Between Memory Ability on the Concept of Atomic Structure and Student Learning Outcomes on Chemical Bonding Material

Authors

  • Shasa Meliani Universitas islam negeri sultan Syarif Kasim Riau
  • Miterianifa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ira Mahartika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Arif Yasthophi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.33541/edumatsains.v9i2.6403

Keywords:

Memory Ability, Learning Results, Atomic Structure, Chemical Bonding

Abstract

Pelajaran kimia memerlukan kemampuan daya ingat karena beberapa pelajaran kimia berkesinambungan satu dengan yang lain, meliputi ikatan kimia dan struktur atom. Kapasitas daya ingat sebagian siswa dinilai rendah dalam mengingat materi yang disampaikan, oleh karena itu perlu diketahui hubungan antara kemampuan daya ingat konsep struktur atom dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Lokasi penelitian di MAN 4 Kampar pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif berupa penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas X1 dan X2 di MAN 4 Kampar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk penelitian kemampuan daya ingat dan hasil belajar menggunakan tes berbasis soal, angket kemampuan daya ingat, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi momen Pearson. Hasil yang diperoleh dari pengumpulan data menunjukkan rhitung = 0,543 dengan nilai sig dua sisi sebesar 0,000, dan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai rhitung > nilai rtabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara kemampuan menghafal konsep struktur atom dengan hasil belajar ikatan kimia.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Shasa Meliani, Miterianifa, Ira Mahartika, & Arif Yasthophi. (2025). The Correlation Between Memory Ability on the Concept of Atomic Structure and Student Learning Outcomes on Chemical Bonding Material. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 9(2), 256–266. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v9i2.6403

Issue

Section

Articles