ANALYSIS OF STUDENTS MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY REVIEWED FROM ADVERSITY QUOTIENT DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis menjadi kemampuan yang perlu dimiliki siswa pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari adversity quotient. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan enam informan penelitian di kelas X IPA 2. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Peserta didik dengan adversity quotient climber tidak selalu memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi, namun juga dapat terjadi pada peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik secara umum dengan adversity quotient climber dikategorikan tinggi; 2) Peserta didik dengan adversity quotient camper cenderung memiliki kemampuan komunikasi matematis sama, yaitu sedang. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan adversity quotient camper dikategorikan sedang; dan 3) Peserta didik dengan adversity quotient quitter tidak selalu memiki kemampuan komunikasi matematis rendah, namun juga terdapat peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik secara umum dengan adversity quotient quitter dikategorikan rendah-sedang.
References
Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 78. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600
Ansari, B. I. (2018). Komuniaksi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. PeNA.
D A F Yuniarti, B. J. M. P. (2021). Analysis mathematical communication ability of vocational student in osborn learning based on adversity quotient Analysis mathematical communication ability of vocational student in osborn learning based on adversity quotient. ICCGANT 2020 : International Conference of Combinatorics, Graph Theory, and Network Topology, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012045
Etika, A., & Susilaningsih, E. (2020). Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 438–444.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
Hidayat, W., & Husnussalam, H. (2019). The influence of adversity quotient on students ’ mathematical understanding ability The influence of adversity quotient on students ’ mathematical understanding ability. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE 2018), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032077
Mafulah, J., & Amin, S. M. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 9(1), 242–250.
Merianah, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 29–35. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7526
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA 20191-1502. https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/
Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107
Nurmala, I., Hidayat, W., & Hendriana, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 21. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p21-28
Permendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Pub. L. No. 20 (2016). https://bsnp-indonesia.org/standar-isi/
Pratiwi, A. D., & Murtianto, Y. H. (2021). Profile of prospective teachers’ mathematical communication ability reviewed from adversity quotient. Infinity Journal of Mathematics Education, 10(1), 93–108.
Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 873. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p873-880
Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263
Setiaji, F., & Suherman, S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis : Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Learning Start With A Question. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3544
Wijaya, T. T., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 53. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p53-60
- View 99 times Download 99 times PDF
Copyright (c) 2024 Subhan Ajiz Awalludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.