ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-H SMPN 2 MAJALAYA KARAWANG

  • Rontauli Sihotang Universitas Kristen Indonesia
  • Hotmaulina Sihotang Universitas Kristen Indonesia
  • Stevi Natalia Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Concentration level, Learning Mathematics, Online

Abstract

Since a government policy that mandated social isolation or restrictions on social interaction to prevent the spread of the COVID-19 virus, online education has been practiced in Indonesia. Various communication tools, such as Google Classroom, Google Meet, Zoom, Edmodo, or WhatsApp, are used for online learning activities. In the current state of online education, many factors contribute to students becoming sluggish or disinterested in their studies, such as the fact that it requires a high level of concentration, time, and energy, as well as feelings of compulsion to abandon some activities that, in comparison to learning, are more enjoyable. others, both positive and negative exercises. Therefore, the purpose of this study is to investigate the learning concentration level of students in class VII-H at SMPN 2 Majalaya Karawang. by employing qualitative exploratory techniques. The findings indicate that students in grades VII through H have a moderate level of concentration.

References

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. JPS: Jurnal Pendidikan Sains, 03(01), 30-33.

blogspot. (2017, februari 03). fokus belajar. Diambil kembali dari fokusbel.blogspot.com/2017/02/ciri-ciri-sekaligus-indikator.html.

Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siwa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (1), 215-224.

Ibadullah Malawi dan AA Tristiar. 2013. Pengaruh Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Manisrejo 1 Kabupaten Magetan. PGSD FIP:IKIP PGRI Madiun

Nanda, S. (2022, November 11). Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contohnya. Diambil kembali dari www.brainacademy.id/blog/penelitian-kuantitatif.

Puspitasari, T. O., Putri, Y. E., & yohanes. ( 2019). Sikap Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran . JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 79 - 85.

Redaksi. (2023, Januari 28). Pengertian Wawancara Menurut Sugiyono. Diambil kembali dari www.presidentpost.id/pengertian-wawancara-menurut-sugiyono/.

Riinawati. (2021 ). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2305-2312.

Riadi, M. (2021, OKTOBER 14). Konsentrasi Belajar - Pengertian, Aspek, Indikator, dan Cara Meningkatkan. Diambil kembali dari https://www.kajianpustaka.com/2021/10/konsentrasi-belajar.html.

Suska, U. R. (t.thn.). Bab II Kajian Teori. Diambil kembali dari https://repository.uin-suska.ac.id/13122/7/7.%20BAB%20II_2018585PAI.pdf.

Swawikanti, k. (2022, maret 24). Teknik Analisis Data Kualitatif pada Penelitian Sosial | Sosiologi Kelas 10. Diambil kembali dari www.ruangguru.com/blog/belajar-mengolah-dan-menganalisis-data-kualitatif.

Salmaa. (2021, Juli 1). Instrumen Penelitian: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Lengkap. Diambil kembali dari https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian/

Thabroni, G. (2021, 02 14). Instrumen Penelitian: Pengertian, Kriteria & Jenis (Penjelasan Lengkap). Diambil kembali dari https://serupa.id/instrumen-penelitian/.

Putri, Z. (2020, juli 26). Survei Kemdikbud: Siswa Sulit Pahami Pelajaran Saat Belajar Jarak Jauh. Diambil kembali dari detik news: https://news.detik.com/berita/d-5108510/survei-kemdikbud-siswa-sulit-pahami-pelajaran-saat-belajar-jarak-jauh/2

Unissula. (2020, agustus 4). Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Bagi Pendidikan Karakter. Diambil kembali dari Berita unissula.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran . Jurnal Komunikasi Pendidikan, 13-24.

Published
2023-08-11
How to Cite
Sihotang, R., Sihotang, H., & Stevi Natalia. (2023). ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-H SMPN 2 MAJALAYA KARAWANG. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 8(1), 146-156. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v8i1.5114
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>