SMART BOOK MATHEMATIC FOR DIFABEL (SOMABEL): WEBSITE-BASED MATHEMATICS LEARNING MEDIA FOR MENTALLY DISABLED STUDENTS USING CARDBOARD WASTE

  • Rewan Jayadi Universitas Bengkulu
  • Siska Yosmar Universitas Bengkulu
Keywords: Learning Mathematics, Research and Development, Website

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki keterbatasan secara fisik, mental, emosi, sosial, dan intelektual, dalam hal ini salah satu yang termasuk sebagai anak berkebutuhan khusus adalah tunagrahita, ini dikarenakan memiliki nilai intelengensia di bawah rata-rata dapat menjadi hambatan bagi mereka sehingga kesulitan untuk memahami materi pada proses pembelajaran terkhususnya matematika. Sehingga diperlukan suatu inovasi yang memiliki tujuan untuk menciptakan media pembelajaran matematika bagi anak tunagrahita dalam mendukung target SDGs 2030 (Sustainable Development Goals) yaitu Smart Book Mathematic for Difabel (SOMABEL) yang harapannya mampu mendukung mereka dalam menghadapi hambatan belajar matematika khususnya materi bangun datar. Metode penelitian yang dipilih adalah Research and Development (R&D), pengumpulan data yang dilakukan dengan studi kasus, studi Pustaka, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Somabel dapat meningkatkan semangat belajar siswa tunagrahita yang mana media ini secara langsung terintegrasi pada teknologi berbasis website, yang memiliki sekaligus melestarikan budaya Provinsi Bengkulu, serta desain buku dan media fisik yang menarik sehingga tidak membosankan dalam belajar materi matematika. Inovasi media pembelajaran ini juga membantu para guru dalam mengajar guru, karena selain bisa menjadi bahan referensi media ini juga tidak membosankan dan bisa menjadi pengetahuan tambahan untuk pengenalan budaya yang ada di Provinsi Bengkulu.

Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Research and Development, Website

References

Ahira, Anne. (2011). Psikologi Warna (online), (http://www.anneahira.com/ psikologi-warna.htm), diakses 18 Oktober 2021.

Amin, Mohammad. (1995). Faktor Penyebab Anak Tunagrahita. Bandung: Depdikbud.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Narani Sejahtera.

Fahrurozi, S. K., Maryono, D., & Budiyanto, C. W. (2017). The Development of Video Learning to Deliver a Basic Algorithm Learning. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 1(1), 135. https://doi.org/10.20961/ijie.v1i2.12446.

Febriani, S., & Irdamurni, I. (2019). Video Tutorial Dapat Meningkatkan Keterampilan Menggosok Gigi Anak Tunagrahita Kategori Sedang. Ranah Research, 1(4), 991– 997. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/161

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model

Kemenkes. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil kesehatanindonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-tahun-2017.pd

Kristianto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya

Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Surabaya: universitas negeri Surabaya

Nomleni FT, Manu TSN. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Sch J Pendidik dan Kebud. 8(3):219–30.

Padila, P., Harsismanto, J., Andrianto, M, B., Sartika, A., & Ningrum, D, S. (2021). Pengalaman Orangtua dalam Merawat Anak Retardasi Mental. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 9-16. https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2163

Padila, P., Setiawati, S., Inayah, I., Mediani, H., & Suryaningsih, C. (2020). Emosi dan Hubungan Antar Sebaya pada Anak Tunalaras Usia Sekolah antara Terapi Musik Klasik (Mozart) dan Murrotal (Surah Ar-Rahman). Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 752-763. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1276

Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). The Intervention of Numbers Puzzle Against Short Memory Mental Retardated Children. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(2), 41-47. https://doi.org/10.31539/josing.v1i2.2332

Panzilion, P., Padila, P., Setyawati, A, D., Harsismanto, J., & Sartika, A. (2020). Stimulation of Preschool Motor Development Through Brain Gym and Puzzle. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(1), 10-17. https://doi.org/ 10.31539/Joking.v1i1.1166

Panzilion, P., Padila, P., Tria, G., Amin, M., & Andri, J. (2020). Perkembangan Motorik Prasekolah antara Intervensi Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 510-519. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1120

Parulian, K. R., Supriyanti, S. I., & Supardi, S. (2020). Hubungan Karakteristik Anak, Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Personal Hygiene Anak Tunagrahita. ejournal, 2(2), 177–188. http://ejournal.stiksintcarolus.ac.id/index.php/CJON/article/view/42

Paweni. (2009). Software for Kids with Special Needs. The Exceptional Parent, 29(12):64-65.

Purnama, Bambang E. (2013). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putri, N. L., & Sangari, S. S. L. (2019). The Model Development of Makeup Learning for Early Mentally Disabled Children in The Extraordinary Kindergarten North Sulawesi. International Journal of Scientific Research and Education, 6(7).

Robith Adani M. Website: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuat [Internet]. Rabu. 2020. p. 0–1. Available from: https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-website/

Sugiyono. (2013). Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published
2024-02-01
How to Cite
Rewan Jayadi, & Siska Yosmar. (2024). SMART BOOK MATHEMATIC FOR DIFABEL (SOMABEL): WEBSITE-BASED MATHEMATICS LEARNING MEDIA FOR MENTALLY DISABLED STUDENTS USING CARDBOARD WASTE. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 8(2), 217-227. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v8i2.4685
Section
Articles