Developing Realistic Mathematics Education Material to Build Students Mathematical Understanding Concepts Grade VII Junior High School on Linear Equation in Two Variables

  • Aris Budiyanto STKIP Kusuma Negara
  • Neng Nurwiatin STKIP Kusuma Negara
  • Ismah Ismah Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Bahan ajar, Pemahaman konsep matematika, Pendidikan matematika realistik, Sistem persamaan linier dua variabel

Abstract

Dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman konsep matematika siswa terutama pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education untuk membangun pemahaman konsep siswa. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan model 4-D yang direkomendasikan oleh Thiangrajan dan dimodifikasi menjadi defined, designed, dan developed. Dengan demikian, pembelajaran matematika realistik akan mempunyai kontribusi terhadap kemampuan berpikir matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIC Sekolah Bina Insan Mandiri dan subjek penelitian ini terdiri dari sepuluh siswa yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan hasil evaluasi dan keaktifan siswa selama pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan dilakukkan validitas dengan teknik analisas diskriptif, sementara data kantitatif yang diperoleh dihitung berdasarkan rata-rata sekor. Berdasarkan uji validitas oleh ahli instrumen yang dikembangkan dinyatakan valid dan berkriteria efektif berdasarkan hasil uji coba kepada siswa, serta layak  untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Alam, B. I. (2012). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa sd melalui pendekatan realistic mathematics education (RME). In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY dengan tema “Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa (pp. 149-164).

Fonteles Furtado, P. G., Hirashima, T., Hayashi, Y., & Maeda, K. (2019). Application focused on structural comprehension of mathematics contextual problems for kindergarten students. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14, 1-18. https://doi.org/10.1186/s41039-019-0096-1

Harayama, Y. (2007). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Journal in Innovation for Creating the Future, 66 (6), 8-13.

Hough, S., Solomon, Y. J., Dickinson, P., & Gough, S. (2017). Investigating the impact of a Realistic Mathematics Education approach on achievement and attitudes in Post-16 GCSE resit classes.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 23, Tahun 2016 Tentang Standar Isi Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud.

Kemendikbud. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud.

Mamlin, Nancy. (2012). Preparing Effective Spesial Education Teacher. Guilford Press.

Musthafa, B. (2014). Literasi dini dan literasi remaja: Teori, Konsep, dan Praktik. Crest.

Mutia, M., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model PISA dengan Konteks Futsal pada Konten Uncertainty and Data. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 46-53. https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1273

Numan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114-128. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762

Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215-226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.472

Pushpanadham, K. (2020). Teacher education in global era: Retrospect and prospect. Teacher Education in the Global Era: Perspectives and Practices, 3-11. https://doi.org/10.1007/978-981-15-4008-0_1

Rochaminah, S. Perancangan Model Pembelejaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Mahasiswa Calon Guru Matematika. Perancangan Model Pembelejaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Mahasiswa Calon Guru Matematika.

Septriani, N. (2014). Pengaruh penerapan pendekatan scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Stemn, B. S. (2017). Rethinking mathematics teaching in Liberia: Realistic mathematics education. Childhood Education, 93(5), 388-393.

Sugiyono, S., Listyani, E., Lestari, H. P., Dhoruri, A., & Murdanu, M. (2015). Pengembangan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Perkuliahan Geometri untuk Membangun Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 1-9.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Yasmansyah, Y. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29-34. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12

Published
2023-01-31
How to Cite
Budiyanto, A., Nurwiatin, N., & Ismah, I. (2023). Developing Realistic Mathematics Education Material to Build Students Mathematical Understanding Concepts Grade VII Junior High School on Linear Equation in Two Variables. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(2), 405-421. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i2.4616
Section
Articles