ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA KETIKA KEMBALI BELAJAR TATAP MUKA
Abstract
Abstract
This study aims to find the motivation to learn mathematics at high school (SMA) students when they return to face-to-face learning at school. This research is a qualitative research with descriptive analysis method. The population in this study were students of class XI MIPA 3, in one of the public schools in the Karawang district for the academic year 2022/2023. The sample used in this study were 36 students. The data collection technique in this study used a high school student learning motivation questionnaire when returning to face-to-face learning which contained 23 statements with 12 positive statements and 11 negative statements and conducted interviews with students. The results of data analysis in this study were at a percentage of 74% which showed that students had a good level of motivation to learn mathematics when they returned to face-to-face learning at school.
Keywords: Learning Motivation, Online Learning, Face-To-Face Learning
References
Aisyi, R., & Rohman, N. (2021). Persepsi Orang Tua, Guru Terhadap Pembelajaran Tatap Muka di Masa Covid-19 di Desa Ranub Dong. Jurnal Manajemen Pendidikan. 10(1), 80-90.
Alfin, J., dkk. (2022). Dampak Transisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ke Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24-40.
Amalda, N., & Prasojo, L. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 6(1), 11-21.
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.
Azis, A. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Blended Learning Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kota Palopo. Skripsi Program Sarjana Pendidikan. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Bahua, A., dkk. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1609-1614.
Cahyani, A., Listiana, I., & Larasati, S. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. 4(1), 152-159.
Dewi, D., Khodijah, S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 49-58.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2), 172-182.
Firmansyah. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589-597.
Hanni, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VII di MTS Ar Rofiqy Bogor. Skripsi Program Sarjana Pendidikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial, 280-286.
Iftitah, I., & Syamsudin, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(3), 2334-2344.
Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., & Utomo, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 30-38.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lestari, E. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirud Disease 2019 (Covid-19). https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/2b7a3531e4b5551
Meri., dkk. (2022). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 21-33.
Muawanah, E., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. 12(1), 90-98.
Mubarok, R. (2022). Guru Sebagai Pemimpin di Dalam Kelas Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(1), 19-32.
Napitupulu, D. (2019). Proses Pembelajaran melalui Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. 8(1), 125-138.
Nurfallah, M., & Pradipta, T. (2021). Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3), 2425-2437.
Pane, A., & Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2), 333-352.
Putra, F., Indriani, Y., & Riantini, M. (2021). Sistem Agribisnis Tanaman Hias Bunga (Adenium, Anggrek, Dan Mawar) Di kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 9(2), 191-197.
Rini, E. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 9(2), 1131-1149.
Sa’id, M. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 2(2), 7-11.
Sari, D., Yana., & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara. 13(1), 1-11.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Sulandjari, R., & Alfiah, F. (2021). Korelasi Media Pembelajaran E-Learning dan Efektivitas Pembelajaran di SD Negeri Kese Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Egaliter 5(9), 1-18.
Suriani, A., dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800-807.
Suryani, L., dkk. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(3), 2234-2244.
Susi., dkk. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(1), 41-55.
Tanuwijaya, N., & Tambunan, W. (2021). Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus Analisis Kebijakan Pendidikan). Jurnal Manajemen Pendidikan. 10(1), 80-90.
Umairah, P., & Zulfah. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan “Google Classroom” di Tengah Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Bangkinang Kota. Journal On Education, 2(3), 275-285.
Wahyuni, A. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning dalam PTM Terbatas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 472-481.
Wijayanti, N., & Widodo. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1-9.
- View 319 times Download 319 times Pdf
Copyright (c) 2023 Sulis Regita Cahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.