PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING INFLUENCER MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK

  • Angelina Grace Juniar Marpaung Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Melati Sesilia merupakan salah seorang influencer yang awalnya dikenal melalui grup idol JKT48. Namun, pada tahun 2020 Melati graduation dari grup idol JKT48 dikarenakan alasan kesehatan. Saat ini, ia tidak hanya aktif di dunia hiburan sebagai penyanyi dan penari, tetapi juga merambah ke industri bisnis makanan. Keberadaan Melati Sesilia sebagai seorang mantan idol yang keluar dari grup yang telah membesarkan namanya, namun tetap memiliki banyak followers pada akun TikTok-nya, sehingga menjadikan dirinya sebagai influencer menarik untuk diteliti lebih lanjut terutama terkait pembentukan personal branding-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan personal branding Melati Sesilia pada media sosial TikTok. Pendekatan penelitian pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian fenomenologi dan melakukan wawancara mendalam. Melalui penerapan teori Eight Laws of Personal Branding Peter Montoya, dapat disimpulkan bahwa Melati Sesilia telah berhasil membangun dan mengelola personal branding-nya di platform TikTok dan telah memenuhi setiap konsep dari teori tersebut. Dari konten yang Melati sajikan melalui TikTok-nya terkait dengan personal branding, hal yang paling menonjol adalah entrepreneur. Sehingga personal branding yang ditunjukkan oleh Melati adalah Melati bukan hanya sebagai influencer yang aktif di dunia hiburan, tetapi juga sebagai entrepreneur.

Published
2024-10-31
How to Cite
Marpaung, A. G. J. (2024). PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING INFLUENCER MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK. DIGICATION, 1(1), 1-16. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/digication/article/view/Pembentukan%20personal%20branding%20influencer%20melalui%20media%20sosial%20tiktok