Peran Buzzer dalam Membentuk Opini Publik Netizen Tiktok: Studi Kasus Kampanye Gemoy

  • pebia tasya Ananda Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Buzzer, buzzerOpini Publik, Kampanye

Abstract

Perubahan citra sosok Prabowo dari yang sebelumnya dikenal sebagai sosok yang tegas berubah menjadi sosok yang dipandang gemoy oleh masyarakat menimbulkan berbagai pertanyaan akan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran buzzer dalam mengubah opini publik terhadap kampanye Prabowo dengan berfokus pada perubahan citra Prabowo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan penelitian – penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran buzzer memiliki pengaruh yang signifikan dengan cara melalui penyebaran konten yang direkayasa dan karakteristik komunikasi buzzer yang membuat publik terpengaruh termasuk penggunaan narasi yang persuasif, pemilihan kata-kata yang emosional dalam menjangkau audiens media sosial TikTok.

Published
2024-10-31
How to Cite
Ananda, pebia tasya. (2024). Peran Buzzer dalam Membentuk Opini Publik Netizen Tiktok: Studi Kasus Kampanye Gemoy . DIGICATION, 1(1), 80-95. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/digication/article/view/6217