Pemanfaatan Metode Individualized Schema-Based Learning Berbasis Media Kahoot Bagi Peningkatan Pemahaman Membaca di Sd Negeri 3 Sidareja

  • Ngifat Khoerunnisa Universitas Sebelas Maret
Keywords: Pemahaman membaca, Individualized Schema-Based Learning, Kahoot, Reading comprehension

Abstract

Kemampuan membaca menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pembelajaran. Kemampuan membaca tidak hanya sekedar bagaimana seseorang dapat membaca dengan baik, tetapi juga memahami bacaannya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah metode dan media pembelajaran yang pantas dan cocok digunakan. Kepantasan ini disesuaikan dengan kebutuhan, karakteristik, dan kondisi siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran pemahaman membaca bagi siswa adalah Individualized Schema-Based Learning. Metode ini dapat membawa guru untuk fokus pada masing-masing pribadi siswa untuk memahami kesulitan dan minatnya. Kemudian metode ini dapat diselaraskan dengan media pembelajaran yang terbarukan yaitu Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kembali informasi yang sudah ditemukan mengenai pemanfaatan metode Individualized Schema-Based Learning berbasis media Kahoot. Tujuan umunya dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil pengimplementasian metode Individualized Schema-Based Learning berbasis media Kahoot pada pembelajaran memahami bacaan di SD Negeri 3 Sidareja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan metode Individualized Schema-Based Learning dan media pembelajaran Kahoot sangat efektif digunakan di SD Negeri 3 Sidareja. Siswa menjadi lebih mudah memahami isi teks secara berjenjang. Guru juga lebih dekat dengan siswa dan memahami apa kesulitannya selama pembelajaran.

References

Cathy, Collins B., Whitely, Cinnamon S., Sheri R, Reed Kelly L dan Cleveland Maggie D. 2009. Instructional Approaches that significantly Increase Reading Comprehension. Journal of Educational Psychology. Vol. 1

Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, Kurnia, C. 2018. Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Raden Intan. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSI CAHYA KURNIA.pdf

Harlina, Nor, Z. M., & Ahmad, A. (2017). Pembelajaran Interaktif Berasaskan Aplikasi Kahoot dalam Pengajaran Abad Ke-21. Seminar Serantau.

Hodgetts, D. J., & Stolte, O. M. E. (2012). Case-based research in community and social pychology: Introduction to the special issue. Journal of Community & Applied Social Psychology, Vol. 22

Irawan, D. & Oktafiani, E.N., 2021. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menemukan Informasi Penting dari Sebuah Bacaan Paragraf. Jurnal Muara Pendidikan. Vol. 6 (2).

Khasanah, A. & Cahyani, I. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationship (QAR) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. Vol. 4 (2).

Khoerunnisa, N. dkk. 2022. Pemanfaatan Wattpad Sebagai Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Materi Menulis Cerita Pendek di SMP Negeri 1 Padamara. Jurnal Studi Inovasi. Vol. 2 (3).

Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca. Jogjakarta: Deepublish

Paramitha, S.A. (2021). Comprehension of Reading Content Using Skimming Techniques To Improve Comprehension of Narrative Text Reading Content in Elementary School Students. Jurnal Academia Open. Vol. 5

Pujiastuti, A.U., Mizan, S., Agustin, I. 2018. Analisis Kemampuan Bahasa Produktif dan Reseptif pada Siswa Tuna Rungu di SDN Inklusi Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat III. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Ruddell,R. Martha. 2005. Teching Content Reading and Writing. Four Edition. USA : Hermitage Publishing Sevices.

Siahaan, Friska. 2020. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Isi Bacaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teori Skemata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ansiru PAI. Vol. 4 (2)

Suardeyasasri. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia

Subagyo, P. J. 2011 . Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (Bandung: Angkasa).

Published
2023-01-06
Section
Articles