MASALAH YANG DIHADAPI PELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM MEMAHAMI PELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Gunawan Tambunsaribu Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra dan Bahasa, Universitas Kristen Indonesia
  • Yusniaty Galingging Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra dan Bahasa, Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Abstrak

Dalam proses mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia sampai sekarang masih tetap menjadi momok bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan para pelajar dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini berguna bagi para pengajar bahasa Inggris untuk menemukan solusi untuk menangani kesulitan-kesulitan yang dialami para pelajar bahasa Inggris. Ada tiga (3) jenis masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) Materi pelajaran manakah yang menjadi kesulitan utama para mahasiswa selama proses pembelajaran bahasa Inggris semenjak mereka belajar belajar bahasa Inggris?; 2) Faktor apa sajakah yang menyebabkan mahasiswa merasa sulit dalam mempelajari bahasa Inggris sampai saat ini?; dan 3) Adakah pengalaman buruk yang mereka dapatkan dari pengajar bahasa Inggris sehingga mereka mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran bahasa Inggris? Metode yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer dalam penelitian ini adalah 400 responden yang mengisi kuesioner dan juga memberikan pernyataan pada proses interview. Hasil dari penelitian ini menginformasikan bahwa materi pelajaran bahasa Inggris yang sulit dipelajari oleh mahasiswa mulai dari tingkat paling sulit diantaranya; Grammar (66%), Speaking (22%), Listening (7%), Writing (4%), dan Reading (1%). Para responden memberitahukan bahwa sangat besar pengaruh guru atau pengajar terhadap kemampuan mereka dalam menguasai belajar Bahasa Inggris. Penulis mengelompokkan masalah yang mereka hadapi dari guru/pengajar ke dalam 3 kategori umum, yaitu, 1) Guru bersikap tidak menyenangkan; 2) Metode pengajaran guru kurang interaktif atau pasif; dan 3) Guru tidak ahli mengajar pelajaran bahasa Inggris. Penulis mengelompokkan faktor internal penyebab masalah ke dalam tiga kategori umum, yaitu a) Mereka menganggap bahasa Inggris itu membingungkan (77%); b) Mereka tidak suka pelajaran bahasa Inggris (15 %); dan c) Mereka mengatakan bahwa bahasa Inggris itu tidak penting (8%).

 

Kata Kunci: Kesulitan belajar bahasa Inggris, Permasalahan belajar bahasa Inggris, faktor eksternal dan internal

 

Abstract

Learning English as a foreign language still becomes a burden for most students in Indonesia. The main goal of this research is to find out some of the main problems Indonesian students face in learning English. There are three problems in this research, namely: 1) what topic is the most difficult for the students to understand since they learned English for the first time until now? 2) What are the factors which cause them difficulty to understand English topics until now? and 3) was there any bad experience they had in learning English that made them difficult to understand English topics? The researcher used the qualitative descriptive method in conducting this research. The primary data are from the questionnaires and the interview results from the respondents. There are 400 respondents, college students, who participated in this research. The analysis includes graphs related to data taken from the questioners and a brief explanation based on the interview session. This researcher found out that the English topics that are still difficult to understand by the students are as follows; Grammar (66%), Speaking (22%), Listening (7%), Writing (4%), and Reading (1%). The researcher classifies all the problems faced by the respondents in learning English into three general problems are: 1) The teacher had an uncomfortable attitude; 2) The teaching methods from the English teacher is passive; 3) the English teacher does not have enough knowledge in English. The researcher also classified the internal factors that make the students difficult to learn English into three main categories. They are; 1) the students think that the English lesson is confusing (77%); 2) They do not like English (15 %); 3) They said English skill is not important to them (8%). It is hoped that this research results can be helpful for English teachers as a piece of important information related to their students’ problems and the factors that make them difficult to learn and understand English. It can also reflect that English teachers generally related to their skills and methods in teaching English.

 

Keywords: Problems in Learning English, English Topics; Internal and External factors

Published
2021-06-30
Section
Articles