Ketidakkonsistenan Beberapa Huruf Konsonan Dalam Bahasa Inggris

  • Gunawan Tambunsaribu Universitas Kristen Indonesia
Keywords: English Pronunciation, English Vocabulary, College Student, huruf konsonan, pelafalan bahasa Inggris, kosakata, ketidak-konsistenan bunyi

Abstract

Banyak pembelajar pemula yang baru mengenal bahasa asing, sebagian besar bingung dalam mengucapkan kata-kata dalam bahasa asing tersebut dikarenakan perbedaan kosakata dan pengucapan kosakata bahasa asing tersebut berbeda dengan bahasa ibu atau bahasa nasional para pembelajar. Peneliti ini menggunakan merupakan penelitian pustaka (library research). Data penelitian ini diambil dari daftar kosakata yang salah diucapkan oleh mahasiswa pada saat sedang menjelaskan atau menyampaikan secara lisan tugas mata kuliah ‘Speaking’ di depan kelas. Penelitian ini mengungkapkan ketidak-konsistenan beberapa huruf hidup (consonant letter) dalam bahasa Inggris. Secara umum, perbedaan bunyi huruf konsonan dibagi menjadi dua, yaitu huruf konsonan bergema (voiced consonant sound) dan huruf konsonan tidak bergema (voiceless consonant sound). Dari data yang di dapatkan, penulis juga menemukan ketidakkonsistenan beberapa huruf konsonan termasuk gabungan dua huruf konsonan. Jenis huruf konsonan yang bunyinya tidak konsisten, yang ditemukan di dalam data penelitian ini, adalah huruf c, g, dan y, sedangkan gabungan dua huruf konsonan yang yang tidak konsisten bunyinya adalah huruf sh, ch, dan th. Penulis berharap agar hasil penelitian ini dapat berguna bagi siapapun yang ingin mempelajari tentang bunyi bahasa Inggris khususnya bunyi huruf-huruf yang memiliki bunyi yang tidak menetap (inconsistent) khususnya ketidak-konsistenan bunyi dari huruf-huruf konsonan bahasa Inggris.

Kata kunci: huruf konsonan, pelafalan bahasa Inggris, kosakata, ketidak-konsistenan bunyi

References

Bachman, L. (1990). Fundamental considerations in language testing. New York: Oxford University Press.

Bashir, M., Azeem, M., & Dogar, A. H. (2011). Factor effecting students’ English speaking skills. British Journal of Arts and Social Sciences, 2(1), 34-50.

Brown, D. H. (2001). Teaching by principles: an interactive approach to language pedagogy. 2nd ed. New York: Pearson Education.

Ganiyeva, H. (2020). Developing Speaking Skills. Архив Научных Публикаций JSPI, 18(1).

Jenkins, J. (2000). The phonology of English as an international language: new models, new norms, new goals. Oxford: Oxford University Press.

Kelly, G. (2000). How to teach pronunciation. Essex: Pearson Education.

Levis, J. (2005). Changing contexts and shifting paradigms in pronunciation teaching. TESOL Quarterly, 39(3), 369-377.

Radford, A., Atkinson, M., Britain, D., Clahsen, H., & Spencer, A. (2009). Linguistics: an introduction. Cambridge: Cambridge University Press.

Seidlhofer, B. (1995). Pronunciation awareness: Some thoughts on pronunciation in teacher education. Speak Out! Newsletter of the IATEFL Pronunciation (pp. 12-16). Special Interest Group.

Seidlhofer, B. (2001). Pronunciation. In R. Carter & D. Nunan (Eds.), The Cambridge guide to teaching English to speakers of other languages (pp. 56-65). Cambridge, United Kingdom: Cambridge University Press.

Shak, P., Lee, C. S., & Stephen, J. (2016). Pronunciation problems: A case study on English pronunciation errors of low proficient students. International Journal of Language Education and Applied Linguistics.

Syarifudin. (2019). Compensatory communication strategies employed by EFL students in taking turns talking of a speaking class. Asian EFL Journal Research Articles, 23(6), 109-131.

Published
2022-12-31
Section
Articles