Kekurangan Aplikasi Grammarly dalam Mendeteksi Kesalahan pada Karya Tulis Mahasiswa

  • Gunawan Tambunsaribu Universitas Kristen Indonesia
  • Yusniaty Galingging UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: aplikasi Grammarly, kesalahan penulisan, kecerdasan buatan

Abstract

Kehadiran aplikasi aplikasi hasil kecerdasan buatan (artificial inteligence) di jaman sekarang tidak akan bisa kita hindari. Dalam keseharian kita saat ini, kecerdasan buatan sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Penelitian ini membahas tentang jenis kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi Grammarly sebagai mesin pemeriksa kesalahan tulisan dalam sebuah naskah. Penelitian ini juga memberikan informasi mengenai langkah-langkah atau solusi yang dilakukan manusia, sebagai penulis, untuk mengatasi kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi Grammarly. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Data dalam penelitian kualitatif berupa kata, frasa, klausa dan kalimat dalam tulisan ilmiah mahasiswa di jurusan Sastra Inggris, Universitas Kristen Indonesia. Analisis data didapatkan oleh peneliti dari hasil observasi peneliti terhadap uji coba penggunaan aplikasi Grammarly. Peneliti melakukan teknik analisis konten. Dalam hal ini peneliti menjelaskan setiap jenis contoh kesalahan penulisan yang dideteksi oleh Grammarly serta penjelasan mengenai langkah-langkah yang dilakukan peneliti dalam memperbaiki kesalahan tersebut. Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa ada beberapa kesalahan penulisan yang bisa dideteksi oleh aplikasi Grammarly yaitu: a. pengetikan huruf (typo); b. kekosongan tanda baca; c. pillihan kata tidak tepat; d. spasi tidak tepat atau berlebihan; e. kalimat bermakna tidak jelas atau ambigu; f. kalimat berstruktur tidak lengkap. Dari temuan ini, penulis menyimpulkan bahwa secanggih teknologi kecerdasan buatan manusia (artificial intelligence), manusia yang akan selalu melakukan penyempurnaan secara manual. Penulis berharap bahwa penelitian dengan topik pembahasan mesin pemeriksa kesalahan penulisan bisa dilanjutkan di kemudian hari oleh peneliti lainnya agar dapat memberikan perbandingan kualitas antara beberapa aplikasi sehingga memberikan banyak pilihan kepada penulis untuk memeriksa kesalahan dalamnaskah tulisannya.

Kata kunci: aplikasi Grammarly, kesalahan penulisan, kecerdasan buatan

References

Alam, S. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis untuk Guru, Mahasiswa Calon Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Widyaiswara, Widyaprada, dan Pengembang Teknologi Pembelajaran. Deepublish.

Cavaleri, M. R., & Dianati, S. (2016). You want me to check your grammar again? The usefulness of an online grammar checker as perceived by students. Journal of Academic Language and Learning, 10(1), A223-A236.

Daniels, P., & Leslie, D. (2013). Grammar software ready for EFL writers. OnCue Journal, 9(4), 391-401.

Nasional, D. P. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Ghufron, M. A., & Rosyida, F. (2018). The role of Grammarly in assessing English as a Foreign Language (EFL) writing. Lingua Cultura, 12(4), 395-403.

Hoon, T. B. (2006). Online automated essay assessment: Potentials for writing development. Making a difference with Web technologies. Proceedings of AusWeb, 230-234.

Derakhshan, A., & Karimian Shirejini, R. (2020). An investigation of the Iranian EFL learners’ perceptions towards the most common writing problems. Sage Open, 10(2), 2158244020919523.

Lim, L. A., Dawson, S., Gašević, D., Joksimović, S., Pardo, A., Fudge, A., & Gentili, S. (2021). Students’ perceptions of, and emotional responses to, personalised learning analytics-based feedback: an exploratory study of four courses. Assessment & Evaluation in Higher Education, 46(3), 339-359.

Lin, J., Sha, L., Li, Y., Gasevic, D., & Chen, G. (2022). Establishing Trustworthy Artificial Intelligence in Automated Feedback.

Motallebzadeh, K., Ahmadi, F., & Hosseinnia, M. (2018). Relationship between 21st Century Skills, Speaking and Writing Skills: A Structural Equation Modelling Approach. International Journal of Instruction, 11(3), 265-276.

Mudjiyono, G. (2017). Analisis kesalahan struktur kalimat dalam menulis mahasiswa PBSI Unika Widya Mandala Madiun. Widya Warta, 2(XLI).

Pardo, A. (2018). A feedback model for data-rich learning experiences. Assessment & Evaluation in Higher Education, 43(3), 428-438.

Pardo, A., Jovanovic, J., Dawson, S., Gašević, D., & Mirriahi, N. (2019). Using learning analytics to scale the provision of personalised feedback. British Journal of Educational Technology, 50(1), 128-138.

Pratista, H. (2017). Memahami Film-Edisi 2. Montase press.

Prayitno, H. J., Thoyibi, M., & Sunanda, A. (Eds.). (2000). Pembudayaan penulisan karya ilmiah. Muhammadiyah University Press.

Qassemzadeh, A., & Soleimani, H. (2016). The impact of feedback provision by Grammarly software and teachers on learning passive structures by Iranian EFL learners. Theory and Practice in Language Studies, 6(9), 1884-1894.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: kesantunan imperatif bahasa Indonesia. Erlangga.

Ramineni, C., & Williamson, D. M. (2013). Automated essay scoring: Psychometric guidelines and practices. Assessing Writing, 18(1), 25-39.

Saddhono, K., & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia: Teori dan aplikasi. Graha Ilmu.

Setyowati, L., Sukmawa, S., & Latief, M. A. (2017). Solving the students’ problems in writing argumentative essay through the provision of planning. Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 17(1), 86-102.

SIRAIT, S. (2018). KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE SISWA KELAS X MA NURUL HIKMAH TINJOWAN KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Susanti, W. (2019). Strategi Penyuntingan Dan Penerbitan Di UGM Press Sebagai Penopang Eksistensi Penulis Indonesia.

Tambunsaribu, G. (2022). Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Skripsi dan Laporan Magang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(2), 447-454.

Toba, R., & Noor, W. N. (2019). The current issues of Indonesian EFL students’ writing skills: Ability, problem, and reason in writing comparison and contrast essay. Dinamika Ilmu, 19(1), 57-73.

Wang, Y. J., Shang, H. F., & Briody, P. (2013). Exploring the impact of using automated writing evaluation in English as a foreign language university students' writing. Computer Assisted Language Learning, 26(3), 234-257.
Published
2023-07-29
Section
Articles