AN ANALYSIS OF CODE-MIXING AND CODE-SWITCHING IN HITAM PUTIH TALK SHOW “PARA PEMAIN 99 CAHAYA DILANGIT EROPA”

  • Cendy Lupita Marbun Universitas Kristen Indonesia
  • Yusniaty Galingging Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Sociolinguistics, bilingualism, code mixing, code switching

Abstract

Penelitian ini berjudul An Analysis of Code-Mixing and Code-Switching In Hitam Putih Talk Show Episode of Para Pemain 99 Cahaya Dilangit Eropa, sebuah analisis tentang campur kode dan alih kode oleh tuan rumah dan tamu dalam percakapan di Hitam Putih Talk Show. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tipe dari alih kode apa saja yang digunakan pada percakapan ini demikian pula campur kode apa yang muncul. Disamping itu, penulis juga akan menjelaskan alasan melakukan hal tersebut dalam percakapan ini. Data-data yang ditemukan akan dianalisis menurut teori Ralph W Fasold, John J. Gumperz dan Dilkushi Senaratne (2009). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penulis pada penelitian ini menemukan 95 kasus campur kode, terdiri dari 30 kasus insertions, 45 kasus aliterasi, dan 20 kasus leksikalisasi kongruen. Kemudian ditemukan juga 30 kasus alih kode yang terdiri dari 12 kasus alih kode situasional dan 18 kasus alih kode metaforis. Adapun alas an penggunaannya adalah ketika membicarakan topik tertentu, mengutip orang lain, menunjukkan solidaritas, interjeksi, pengulangan untuk klarifikasi, mengklarifasi ujaran interlokutor, mengekspresikan identitas, memperhalus atau mempertegas sebuah permintaan dan disebabkan kebutuhan bentuk leksikal tertentu.

References

Chaer, A. and Leoni Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Crystal, D. 1980. A First Dictionary of Linguistics and Phonetics. Cambridge: Cambridge University Press.
Senaratne, C. D, 2009. Sinhala – English code mixing in Sri Lanka a sociolinguistics study. The Netherlands: Graduate School of Linguistics. LOT publications.
Fasold, Ralph W. 1st Edition The Sociolinguistics of Society. USA: Blackwell,
Gumpertz John J.& Hymes, Dell. 1991 Directions in Sociolinguistics: The Ethnography of Communication. USA: Wiley-Blackwell
Hoffman, C. 1991. An Introduction to Billingualism. New York: Longman.
Holmes, Janet. 1992. An Introduction to Sociolinguitics. New York. Longman Publishing.
Jacobson, Rodolfo. 1997. Code-switching Worldwide. New York: Mouton de Gruyter.
Wardhaugh, Ronald. 1986. An Introduction to Sociolinguistics. Second Edition. Cambridge USA: Blackwell.
Published
2023-04-04
Section
Articles