ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BIDANG MORFOLOGI PADA KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KLEGO

  • Byuti Adi Maghfiroh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Firman Fajar Wiguna Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Sella Lukitasari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Chafit Ulya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Abstract

Abstrak

Bahasa tulis merupakan salah satu instrumen penting dalam pembelajaran. Kemampuan berbahasa siswa di sekolah diajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Salah satu hal terpenting saat mempelajari bahasa yakni mengetahui kesalahan berbahasa. Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang cukup kompleks, karena dalam menulis memerlukan pemahaman keterampilan berbahasa yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan dalam berbahasa bidang morfologi yang terdapat pada teks karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klego. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dokumen. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen atau data yang memiliki kesalahan berbahasa. Kesalahan berbahasa bidang morfologi yang ditemukan dalam artikel karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klego antara lain Afiksasi, Reduplikasi dan Pemajemukan. Peneliti menemukan kesalahan yang paling banyak yaitu pada penulisan afiksasi. Untuk mengurangi kesalahan berbahasa dalam penulisan karya ilmiah, maka siswa perlu diberikan pelatihan dan pengajaran.

 

Kata kunci: kesalahan, berbahasa, morfologi

 

Abstract

Written language is one of the essential instruments in learning. Students' language skills in schools are taught in Indonesian subjects. One of the most important things when learning a language is knowing the language mistakes. Writing activities are pretty complex because writing requires understanding other language skills. This study aims to determine the form of errors in the morphology field of the language contained in the text of the scientific work of class XI students of SMA Negeri 1 Klego. Data collection techniques used in this study using documents. The research method used by the author is a qualitative descriptive approach—sources of data used in this study in the form of documents or data that have language errors. Morphological language errors found in scientific articles of class XI students of SMA Negeri 1 Klego include affixation, reduplication, and compounding. Researchers found the most errors in affixation writing. Students need to be given training and teaching to reduce language errors in writing scientific papers.

 

Keywords: error, language, morphology

Published
2021-12-30
Section
Articles