PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU-GURU YAYASAN PENDIDIKAN MUHAMMAD SYATIR AL-GHAZALI TANGERANG SELATAN

  • Faradiba - Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Taat Guswantoro Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Septina Severina Lumbantobing Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Nya Daniaty Malau Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia

Abstract

Abstrak

Pemanfaatan media pembelajaran digunakan sebagai alat penunjang yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Media pembelajaran dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah: 1) Memberikan pengetahuan teoritis kepada guru-guru TK Islam Al-Ghazali Tangerang Selatan tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran sains di TK, 2) Melatih guru-guru TK Islam Al-Ghazali Tangerang Selatan menggunakan media sains sederhana sebagai penunjang pembelajaran sains untuk anak TK. 3) Melatih guru  TK Islam Al-Ghazali Tangerang Selatan  membuat media sains sederhana. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di TK Islam Al-Ghazali Tangerang Selatan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  adalah guru-guru sangat senang dengan diadakannya pelatihan penggunaan media pembelajaran. Selain itu pengetahuan guru-guru TK juga meningkat yang dilihat dengan peningkatan kreatifitas guru dalam menciptakan media pembelajaran sains sederhana. Hasil praktik mengajar dan penggunaan media oleh guru-guru TK menunjukkan hasil yang baik, dilihat dari cara penyajian materi dan cara mengajar guru dalam membelajarkan sains juga meningkat.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Sains, Guru, Taman Kanak Kanak.

 

 Abstract

The use of learning media as a supporting tool in the teaching and learning process in class. Learning media can be a solution to overcome learning problems. The objectives of this activity are: 1) Providing theoretical knowledge the teachers of Al-Ghazali Islamic Kindergarten about the importance of using science learning media, 2) Training the teachers of Al-Ghazali Islamic Kindergarten using learning media as a support science learning for kindergarten. 3) Training the teachers of Al-Ghazali Islamic Kindergarten in South Tangerang makes media science. Location of this activity at the Al-Ghazali Islamic Kindergarten in South Tangerang. The results of the activities are that teachers are very happy with the training on the use of learning media. Besides that, the knowledge of teachers increases which can be seen from the increase in creativity from the teacher in creating simple science learning media. The results of teaching practices by teachers showed good results. It can be seen from  the presentation and how to teach in learning science is increase. 

Keywords : Science Learning Media, Teacher, Kindergarten.

Published
2019-03-20
How to Cite
-, F., Guswantoro, T., Lumbantobing, S. S., & Malau, N. D. (2019). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU-GURU YAYASAN PENDIDIKAN MUHAMMAD SYATIR AL-GHAZALI TANGERANG SELATAN. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 28-36. https://doi.org/10.33541/cs.v1i1.951
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)