Pendidikan Keluarga: Perang Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Gereja Kristen Jawa Cilacap Utara

  • Halim Wiryadinata Universitas Kristen Indonesia
  • Noh Ibrahim Boiliu Universitas Kristen Indonesia
  • Udin Firman Hidayat Universitas Kristen Indonesia
  • Sudiarjo Purba Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Perubahan sosial yang cepat akibat perkembangan teknologi dan ekonomi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan moralitas remaja. Teknologi telah menggeser perilaku dan sikap remaja pada orientasi pada teknologi itu sendiri, sehingga moralitas mengalami distrupsi. Ekonomi digital, di sisi lain, menguatkan pergeseran nilai-nilai moralitas yang berdasar pada kekuatan ekonomi digital itu sendiri. Kondisi ini menyebabkan moralitas remaja mengalami ketidakseimbangan di dalam komunitas masyarakat. Penurunan moralitas remaja dalam era digitalisasi merupakan permasalahan bangsa, sehingga memerlukan penyuluhan terhadap peran orang tua. Peranan orang tua dalam pembentukan karakter remaja, khususnya di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Cilacap Utara, menjadi prioritas dalam pengembangan program GKJ. Nilai moralitas menjadi prioritas pada penyuluhan atas pembentukan nilai pendidikan moral melalui peranan orang tua. Penyuluhan ini menjadi sebuah gerakan untuk membangun nilai moralitas melalui peranan orang tua. Oleh karena itu, penyuluhan pendidikan keluarga melalui peranan orang tua dalam pembentukan karakter remaja di GKJ Cilacap Utara. Pembentukan karakter anak remaja menjadi suatu prioritas utama bagi GKJ Cilacap Utara sebagai tulang punggung jemaat masa depan.

Published
2024-04-30
How to Cite
Wiryadinata, H., Boiliu, N. I., Hidayat, U. F., & Purba, S. (2024). Pendidikan Keluarga: Perang Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Gereja Kristen Jawa Cilacap Utara. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 6(1), 37-54. https://doi.org/10.33541/cs.v6i1.5409
Section
Articles