Pelatihan dan Lomba Foto Jurnalistik “Budaya Lokal Bali” pada Warga Desa Wisata Pinge
Abstract
Tingginya minat wisata di pulau Bali membuat pemerintah mengembangkan beberapa lokasi desa adat menjadi desa wisata, yang selain bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga, juga sekaligus melestarikan alam dan memajukan kebudayaan mereka. Desa Pinge adalah satu diantara banyaknya desa adat di Bali yang pada tahun 2003 ditetapkan sebagai desa wisata. Namun demikian, minat wisatawan untuk mengunjungi Desa Wisata Pinge masih dinilai kurang signifikan, terutama jika dibandingkan dengan popularitas Desa Panglipuran dan Desa Ubud. Oleh karena itu, Program Studi Ilmu Komunikasi mendukung promosi Desa Wisata Pinge agar bisa dilakukan secara mandiri oleh warga desanya. Kegiatan PKM berupa pelatihan dan lomba fotografi jurnalistik ini adalah perwujudan pengabdian dosen dan mahasiswa ilmu komunikasi UKI dan UNDIKNAS kepada warga Desa Wisata Pinge pada hari Senin-Selasa, 11-12 Juni 2023. Program pelatihan yang dilakukan mencakup: (1) edukasi tentang perlunya mendekatkan ekspektasi wisatawan terhadap potensi Desa Wisata Pinge melalui foto di media digital; (2) melakukan pelatihan terkait jurnalistik dan nilai berita bagi warga Desa Wisata; (3) melakukan edukasi terkait branding Desa Wisata; dan (4) melakukan pelatihan teknik mobile jurnalistik. Selanjutnya, warga Desa Wisata Pinge melakukan praktek dan coaching clinic, lalu hasilnya dikompetisikan dalam bentuk lomba foto jurnalistik. Serangkaian kegiatan PKM tersebut berhasil mendorong minat warga untuk lebih mengeksplorasi obyek wisata lokal, baik dalam fitur tetap maupun atraksi budaya dengan menggunakan handphone mereka, serta menyebarluaskannya melalui media sosial.
Kata Kunci: Branding; Desa Wisata; Jurnalistik; Komunikasi Antarbudaya; Mobile Photography.
- View 104 times Download 104 times Pdf (Bahasa Indonesia)