Efective Comunication and Produktive in Distance Education in Primary School Pangudi Luhur Jakarta Selatan

  • Mesta Limbong UKI
  • Lisa Kailolla Universitas Kristen Indonesia
  • Teguh Supono Universitas Kristen Indonesia
  • Tju Meriana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Kegalauan berkepanjangan terhadap pelayanan Pendidikan dirasakan para guru  yang mengajar di Sekolah Dasar Pangudi Luhur (SD PL), Jakarta Selatan. Dari diskusi bersama kepala sekolah dan merujuk hasil rapat kerja 25 Juni 2021, mengharapkan  adanya pembekalan yang berhubungan dengan komunikasi dan pembelajaran jarak jauh yang dapat mencerahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran supaya efektivitas dan produk tetap dicapai selama masa  PJJ.  Seluruh guru berjumlah sekatar 30 orang guru. shering pengalaman berkomunikasi dengan orangtua menjadi patokan bagi pendampingan yang dilakukan terhadap guru-guru. Metode yang digunakan adalah shering pengalaman, dilanjutkan dengan pembekalan dari nara sumber dengan  topik Komunikasi efektif dan tetap produktif dan materi berikutnya PJJ suatu keniscahayaan, dan dilanjutkan dengan diskusi. Kegiatan yang dilakukan empat jam sepuluh menit. Hasil temuan umumnya guru telah paham mengenai PJJ, ada yang mendapat pembekalan dari sekolah, belajar madiri. Dan, umumnya menyadari bahwa PJJ memiliki keunikan dan mereka sadar bahwa ada bagian dari aktivitas yang berhubungan dengan afektif sulit untuk di ukur. Pendampingan yang dilakukan dengan waktu yang terbatas diharapkan berdampak terhadap pelayanan PJJ untuk tahun ajaran yang sedang berlangsung.     

Kata Kunci: Komunikasi Efektif, Pemelajaran jarak Jauh (PJJ)

Published
2021-10-30
How to Cite
Limbong, M., Kailolla, L., Supono, T., & Meriana , T. (2021). Efective Comunication and Produktive in Distance Education in Primary School Pangudi Luhur Jakarta Selatan. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 3(2), 670 - 683. https://doi.org/10.33541/cs.v3i2.3232
Section
Articles