Pengaruh Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring di Yayasan Pendidikan Cawan Bethel

  • Witarsa Tambunan Universitas Kristen Indonesia
  • Hotner Tampubolon Universitas Kristen Indonesia
  • Dameria Sinaga Universitas Kristen Indonesia
  • Lisa Gracia Kailola Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diadakan oleh Dosen Program Study Manajemen Pendidikan Pascasarjana di Yayasan Pendidikan Cawan mensosialisasikan alternatif pembelajaran penggunaan daring pada masa pandemic covid 19. Tujuan penelitian ini untuk 1).Membuktikan Ketidak siapan Sekolah Melaksanakan Pembelajaran Daring, 2). Membantu Keterbatasan Sarana Dan Prasarana di Yayasan Pendidikan Cawan, 3). Meningkatkan  penguasaan Tekonologi Tinggi guru di Yayasan Pendidikan Cawan, 4). Membangun Jaringan Internet Kurang Memadai di Yayasan Pendidikan Cawan, 5). Meningkatkan  Gadget yang dimiliki siswa di Yayasan Pendidikan Cawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebab akibat (causalitatif) dengan pendekatan Pohon Masalah , Pohon Sasaran dan Pohon Alternatif . Hasilnya : 1). Ternyata Pandemic covid -19 memaksa guru-guru di Yayasan Pendidikan Cawan untuk dapat menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, 2.)Ternyata Kemampuan guru dalam menggunakan tekonologi pada proses pembelajaran merupakan salah satu indikator kesiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran daring, 3). Ternyata Inovasi dan kreativitas dalam menggunakan media teknologi sebagai media pembelajaran menjadi hal yang mutlak diperlukan di era globalisasi, khususnya di masa pandemic saat ini, 4).Ternyata Pemberdayaan guru melalui berbagai pelatihan penggunaan teknologi, informasi dan computer yang ada dapat membantu guru untuk meningkatkan kemampuan dasarnya sehingga dapat menggunakan teknologi dalam pembelajaran.

Kata kunci : Pembelajaran Daring, Pandemic Covid 19, Pemberdayaan Guru.

Published
2021-05-18
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>