Identifikasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Kimia pada Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kompetensi Terintegrasi Pengembangan Ranah Afektif

  • Nelius Harefa Universitas Kristen Indonesia
  • Familia Novita Simanjuntak Universitas Kristen Indonesia
  • Nova Irawati Simatupang Universitas Kristen Indonesia
  • Sumiyati Sumiyati Universitas Kristen Indonesia
  • Elferida Sormin Universitas Kristen Indonesia
  • Leony Sanga Lamsari Purba Universitas Kristen Indonesia
  • St Fatimah Azzahra Universitas Kristen Indonesia

Abstract

RPP merupakan instrumen perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang disusun guru setiap semester. Instrumen ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat kontrol pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan ini dilakukan sosialisasi pengembangan kompetensi guru kimia terintegrasi ranah afektif, dimana RPP menjadi salah satu indikator dan output kegiatan. Berdasarkan hasil analisis data identifikasi, 100% guru telah lengkap dalam memuat identitas mata pelajaran; 60,29% guru telah merumuskan indikator pada kategori sesuai seluruhnya; 50% guru telah merumuskan tujuan pembelajaran pada kategori sesuai seluruhnya; 56,86% guru mampu memilih materi ajar pada kategori sesuai sebagian; 42,64% guru mampu memilih sumber belajar pada kategori sebagian; 51,47% guru mampu memilih media belajar pada kategori sesuai sebagian; 49,02% guru mampu memilih metode pembelajaran pada kategori sesuai seluruhnya; 48,24% guru mampu merancang skenario pembelajaran pada kategori sesuai sebagian; dan 48,53% guru mampu membuat rancangan penilaian autentik pada kategori sesuai sebagian. Secara umum, guru kimia yang menjadi sampel pada kegiatan tersebut telah memiliki kompetensi dasar menyusun RPP berbasis problem based learning dan project based learning.

Kata Kunci: Guru Kimia; Kompetensi; Ranah Afektif; RPP

Published
2020-06-02
Section
Articles