Ipteks bagi Masyarakat: Pemberdayaan UKM melalui Kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Serang dalam Kegiatan Sosialisasi E-Commerce
Abstract
Abstrak
Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Serang merupakan salah satu faktor penunjang pertumbuhan ekonomi rakyat. Namun UKM Serang masih menghadapi berbagai masalah. Sentralitas UKM dalam pertumbuhan ekonomi tidak berbanding lurus dengan kapasitas SDM/tenaga kerja UKM dalam memanfaatkan teknologi, terlebih lagi di era revolusi industri 4.0 saat ini. Tenaga kerja masih belum memahami sepenuhnya bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan penetrasi pasar dan promosi produk. Padahal, melalui e-commerce, UKM dapat menyebarkan informasi lebih luas kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui deskripsi produk-produk UKM. Produk-produk tersebut memiliki kualitas yang baik, namun karena rendahnya promosi dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, penjualan produk menjadi kurang maksimal. Maka dari itu, program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman pelaku usaha UKM dalam memanfaatkan teknologi e-commerce untuk berniaga. Melalui program PkM akan diupayakan transfer of knowledge mengenai pemanfaatan e-commerce untuk meningkatkan potensi UKM Kabupaten Serang. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan tanya jawab/diskusi dengan mengimplementasikan pendekatan cooperative learning untuk para peserta. Hasil dari program PkM ini adalah adanya peningkatan minat dan pemahaman pelaku usaha UKM dalam mengoperasionalisasi gawai untuk meningkatkan intensitas promosi produk UKM agar lebih dikenal di masyarakat dunia nyata maupun dunia maya.
Kata Kunci: E-commerce; Pemerintah Kabupaten Serang; UKM
Abstract
UKM needs to prepare itself to be involved in production chains of regional scale. UKM in Serang Regency is one of the factors supporting people’s economic growth. But in reality, the centrality of UKM is not directly proportional to the human resources capacity of UKM in utilizing the technology, especially in the current era of industrial revolution 4.0. Workers still do not fully understand how to use technology to increase market penetration and product promotion. They also do not understand, how e-commerce runs. In fact, through e-commerce, UKM can disseminate information more widely to the public, so that people can find out descriptions of UKM products. These products have good quality, but the low promotion is still happening. Workers of UKM have minim access and capability to use technology and social media, so that product sales are not optimal. Through this program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), our team have been sharing how UKM internet and social media use could. Also, they can understand the knowledge transfer and technology transfer in industrial world. This PkM have partnership with Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Serang.
Keywords: E-commerce; Pemerintah Kabupaten Serang; UKM
- View 589 times Download 589 times PDF (Bahasa Indonesia)