SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH SECARA TERPADU DENGAN PRINSIP PENILAIAN GREEN BUILDING DI JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM

  • Pawitra Sari Universitas Pelita Bangsa
  • Retno Fitri Astuti Universitas Pelita Bangsa, Cikarang
  • Desta Promesetiyo Bomo Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Di Indonesia, selain sampah rumah tangga, sampah terbesar juga dihasilkan dari fasilitas publik, seperti stadion. Dasar mengangkat studi kasus Jakarta International Stadium (JIS) adalah bangunan berkapasitas terbesar di Indonesia mencapai 82.000 penonton sepak bola, memiliki Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara secara terpadu dengan prinsip 3R, dan telah memperoleh sertifikasi green building dengan peringkat platinum pada tahap design recognition. Dengan prinsip penilaian green building, ada empat kriteria dan tolok ukur memiliki keterkaitan dengan sistem pengelolaan sampah di JIS adalah site/tapak, material dan teknologi, interior bangunan, dan manajemen lingkungan yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Permasalahan sampah memerlukan penanganan khusus sehingga tujuan dari penelitian ini untuk memberikan wawasan tentang sistem pengelolaan sampah pada bangunan yang memiliki kapasitas besar khususnya di stadion yang masih belum banyak dilakukan. Sistem pengelolaan sampah di JIS, meliputi pewadahan, pengumpulan, dan pengangkutan secara terpadu dan memenuhi regulasi. Ada empat tipe pewadahan, pengumpulan di pick up point dengan jalur akses bukan area publik atau VIP, dan pengangkutannya dengan trash bag menggunakan lift atau tangga yang pada akhirnya sampah dari semua lantai berkumpul di parking level kemudian diangkut dengan motor sampah menuju TPS 3R yang ada di JIS. Total empat poin yang diperoleh dengan prinsip penilaian green building, yaitu pemilihan tapak; kendali asap rokok di lingkungan; dasar pengelolaan sampah; dan pengelolaan sampah tingkat lanjut. Partisipasi penonton sepak bola dalam keterkaitannya dengan sampah harus dipadukan dengan pola pikir dan perilaku bagaimana memperlakukan sampah dengan prinsip 3R.

References

Armi, Mandasari, D., (2017). Pengelolaan Sampah Organik menjadi Gas Metana. Serambi Saintia, 5(1), 1–11.

Bomo, D. P., Siahaan, U., (2022). Kajian Penggunaan Sistem Intermediate Treatment Facility (ITF) dalam Pengelolaan Sampah di Jakarta Menuju Konsep Kota Terpadu. Architecturesearch, 1(1), 31–40.

Damanhuri, E., (2010). Diktat Kuliah Teknik Lingkungan Pengelolaan Sampah. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Dokumen Proyek PT. Virama Karya. (2020). Greenship untuk Bangunan Baru (New Building) versi 1.2. Design Recognition.

Direktorat Jendral Cipta Karya. (2017). Petunjuk Teknis Tempat Pengolahan Sampah (TPS 3R). Jakarta: Dirjen Cipta Karya.

Hutabarat, L. E., Purnomo, C. C. (2021). Tingkat Pemahaman Masyarakat terhadap Pemilahan Sampah Rumah Tangga di Desa Pademare Lombok Utara. CENTECH, 2(2), 72–81.

Lawa, J. I. J, Mangangka, I. R., Riogilang, H. (2021). Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Journal of Tekno, 19(78), 77–89.

Lutfi, F. S., Nugrahaini, F. T. (2019). Liability Eksistensi Sampah untuk Komparasi Lingkungan. Jurnal Arsitektur Sinektika, 16(1), 52–61.

Massie, F. Y. (2018). Penerapan Konsep Green Building pada Industri Jasa Konstruksi di Manado. Jurnal Sipil Statik, 6(8), 553–558.

Mauludi, A. F., Anisa, Satwikasari, A. F. (2020). Kajian Prinsip Arsitektur Hijau pada Bangunan Perkantoran (Studi Kasus United Tractor Head Office dan Menara BCA). Jurnal Arsitektur Sinektika, 17(2), 155–161.

Sari, P., Bomo, D. P. (2022). Desain Wayfinding dalam Keterbacaan dan Pelaksanaan Studi Kasus Jakarta International Stadium. Jurnal Ilmiah Arsitektur Unsiq, 12(2), 116–130.

Setioko, V. W. (2017). Analisis Faktor Pengaruh Penerapan Konsep Green Building terhadap Keputusan Investasi kepada Pengembangan Properti Residensial di Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

SNI 19-2454-2002. (2019). Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan.

Widiati, I. R. (2019). Tinjauan Studi Analisis Komparatif Bangunan Hijau (Green Building) dengan Metode Asesmen sebagai Upaya Mitigasi untuk Pembangunan Konstruksi yang Berkelanjutan. In: Prosiding Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil (KNPTS) X 2019. Bandung: Pascasarja Teknik Sipil pp. 69–76.

Wulandari, W., Asih, A. M. S. (2020). Perilaku Rumah Tangga terhadap Food Waste di Indonesia: Studi Literatur. Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada pp. 93–98.

Published
2024-04-30
How to Cite
Pawitra Sari, Fitri Astuti, R., & Promesetiyo Bomo, D. (2024). SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH SECARA TERPADU DENGAN PRINSIP PENILAIAN GREEN BUILDING DI JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Dan Lingkungan - CENTECH, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.33541/cen.v5i1.5569