PENGARUH RENDAMAN BERULANG PADA CAMPURAN ASPAL BETON MENGGUNAKAN ASPAL MODIFIKASI SERPIHAN KARET BAN DENGAN VARIASI BAHAN PENGISI ABU BATU DAN ABU TERBANG
Abstract
Perbaikan mutu perkerasan jalan lentur membutuhkan inovasi dalam hal penggunaan agregat dan aspal agar keawetan perkerasan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aspal modifikasi dengan campuran serpihan karet ban dan penggunaan bahan pengisi (filler) abu terbang (fly ash) sebagai pengganti bahan pengisi abu batu terhadap nilai uji Marshall pada campuran beton aspal. Selain itu, uji terhadap sampel juga dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh penurunan stabilitas akan terjadi akibat perendaman yang dilakukan berulang sebanyak tiga kali. Untuk hasil uji tanpa perendaman pada sampel didapatkan nilai stabilitas dan Marshall kuosien tertinggi pada kadar filler abu terbang 100 % dengan nilai 1306,45 kg dan 390 kg/mm. Hasil uji dengan perendaman didapatkan pengurangan nilai stabilitas yang paling kecil pada kadar filler abu terbang 100 % yaitu sebesar 10,73 % sedangkan bila hanya menggunakan filler abu batu pengurangannya mencapai 15 %. Nilai kuosien Marshall hasil perendaman juga mengalami penurunan terkecil pada kadar filler abu terbang 100 % yaitu sebesar 11,97 % dibandingkan dengan campuran menggunakan filler abu batu dengan tingkat penurunan sebesar 22,95 %.
References
Badan Standar Nasional Indonesia (2003), M-01-2003: Pengujian Marshall Campuran Aspal, Badan Standar Nasional Indonesia, Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum (1987), Persyaratan Sifat Campuran Beton Aspal AC-BC (Laston), Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum (1987), Petunjuk Pelaksanaan Lapis Aspal Beton (Laston), SKBI-2.4.26.1987, Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum (2010), Spesifikasi Umum Bina Marga 2010, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta
Dirgantara, G. (2021), Pengaruh Abu Terbang Sebagai Filler Terhadap Karakteristik Marshall Campuran AC-WC, Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil, Universitas Hasanudin, Gowa.
Laos, C., Gedy Goestiawan, Paravita Sri Wulandari, Harry Patmadjaja (2015), Pengaruh Penambahan Serbuk Ban Karet Pada Campuran Laston Untuk Perkerasan Jalan Raya, Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, Vol. 4, No. 2 (2015)
Nugraha, P., Antoni (2007), “Teknologi Beton: Dari Material, Pembuatan, ke Beton Kinerja Tinggi”, LPPM Universitas Kristen Petra, Penerbit Andi, Surabaya.
Sukirman, S,. (2003), Beton Aspal Campuran Panas, Granit, Jakarta.
- View 278 times Download 278 times Paper 6
Copyright (c) 2022 Anugerah Telaumbanua, Risma Masniari Simanjuntak, Setiyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta atas Tulisan Karya Ilmiah
Bersama dengan ini saya sebagai penulis utama menyatakan bahwa paper yang saya kirimkan untuk dipublikasikan melalu Jurnal Rekayasa Teknik Sipil dan Lingkungan adalah benar merupakan hasil orisinil Tulisan Karya Ilmiah yang merupakan hasil penelitian/kajian yang saya lakukan dan belum pernah dipublikasikan pada penerbit Jurnal ilmiah lain di Indonesia.
Jika di kemudian hari ternyata ditemukan bukti adanya hal-hal yang tidak sesuai dari pernyataan diatas maka saya bersedia menerima konsekuensi yang diberikan oleh Dewan Redaksi Jurnal Rekayasa Teknik Sipil dan Lingkungan serta paper yang telah diterbitkan akan DIBATALKAN dan dinyatakan sebagai hasil karya PLAGIASI.