Current Issue

Vol. 1 No. 1 (2022): Maret

ARCHITECHTURESEARCH

Terdiri dari 2 kata, yaitu Architecture + Research. Kemudian ditulis dan dibaca menyambung menjadi “ARCHITECTURESEARCH”. Di mana hadir untuk mencapai Tujuan dan Sasaran Program Studi Magister Arsitektur Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia, yang berlandaskan atas Visi dan Misi, yaitu menghasilkan karya-karya ilmiah yang diakui secara nasional dan internasional tentang hal yang terkait dengan arsitektur dan keberlanjutan, maka karya-karya ilmiah yang dihasilkan tersebut harus berlandaskan atas sebuah riset yang mendalam. Dalam pengertian ini, arsitektur dan penelitian (riset) tidak dapat dipisahkan untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang akan mengisi jurnal ARCHITECHTURESEARCH.

Tujuan penerbitan jurnal ARCHITECTURESEARCH sejalan dengan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi Magister Arsitektur, Pascasarjana-Universitas Kristen Indonesia, seperti yang tertuang di bawah ini:

Visi :

“Menjadi program studi magister yang terkemuka dan unggul dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu arsitektur khususnya arsitektur berkelanjutan yaitu arsitektur yang mempertimbangkan secara seimbang aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial, yang dijalankan dengan menjunjung etika yang baik (sejalan dengan nilainilai kristiani)”.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan di bidang arsitektur yang bertaraf international dan yang tanggap terhadap perkembangan ilmu, teknik dan teknologi dunia;
  • Menyelenggarakan pendidikan magister arsitektur yang menekankan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan;
  • Melaksanakan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen maupun mahasiswa dengan kompetensi tinggi dan dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kristiani.

Tujuan dan Sasaran:

  • Menghasilkan program studi yang terakreditasi unggul oleh Badan Akreditasi tingkat Nasional;
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi dalam merancang lingkungan buatan dalam skala bangunan, kawasan perumahan dan kota yang menerapkan kaidah-kaidah arsitektur yang berkelanjutan;
  • Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian mandiri dan memberikan pemecahan strategis terhadap persoalan lingkungan buatan secara ilmiah;
  • Menghasilkan karya-karya ilmiah yang diakui secara nasional dan internasional tentang hal yang terkait dengan arsitektur dan keberlanjutan.

Sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, namanya, ARCHITECTURESEARCH yang mengedepankan pemikiran-pemikiran ilmiah arsitektur yang berlandaskan atas suatu riset, sehingga aspek-aspek yang dipertimbangkan pada Visi dapat dijalankan dengan tepat dan baik. Di lain pihak, pada ketiga Misi dioperasionalkan dengan mengadakan kerjasama penulisan jurnal dengan beberapa universitas di Indonesia dan luar negeri. Tujuan dan Sasarannya adalah untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang diakui secara nasional dan internasional, khususnya tentang hal yang terkait dengan arsitektur dan keberlanjutan.

Bidang Spesifik yang dicakup dalam Jurnal ini adalah Arsitektur (bangunan maupun perkotaan yang berbasis kepada hasil riset/penelitian), yang berporos pada karya-karya ilmiah yang terkait dengan arsitektur dan keberlanjutan.

Fokus masalah yang dicakup dalam Jurnal ini adalah pada hasil penelitian arsitektur, baik terhadap bangunan maupun penelitian perkotaan untuk pembangunan dan pengembangan pada tata ruangnya yang berkelanjutan.

Jurnal ARCHITECTURESEARCH terbit 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember  

Published: 2022-03-10

Articles

View All Issues